Bupati Buton La Bakry Siap Pasok Aspal untuk Seluruh Indonesia

  • Bagikan
La Bakry bersama rombongan Kemenko Mavers saat mengunjungi lokasi rencana pembangunan infrastruktur pelabuhan angkutan aspal Buton (Foto: Dok. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton) 
La Bakry bersama rombongan Kemenko Mavers saat mengunjungi lokasi rencana pembangunan infrastruktur pelabuhan angkutan aspal Buton (Foto: Dok. Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Buton) 

Pemerintah Kabupaten Buton siap memenuhi kebutuhan aspal untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan seluruh Indonesia. Namun untuk memenuhi kebutuhan itu Pemkab Buton terkendala infrastruktur pelabuhan. Sehingga mengharapkan bantuan pemerintah pusat untuk pembangunan pelabuhan yang memadai.

SULTRAKINI.COM: BUTON – Bupati Buton, La Bakry memastikan ketersediaan bahan baku aspal untuk pembangunan dan pemeliharaan jalan di seluruh Indonesia yang selama ini sebagian besar memakai aspal minyak yang diimpor dari luar negeri.

La Bakry mengatakan, nantinya pemerintah akan mensubtitusi aspal minyak diimpor untuk memenuhi kebutuhan pembangunan dan pemeliharaan jalan di Indonesia menjadi aspal buton.

“Dari aspek kesiapan, kita sangat siap. Apalagi yang kita kedepankan adalah dimasa yang akan datang adalah penggunaaan CPMA,” kata La Bakry, Selasa (24/11/2020).

Meski demikian, persoalan bahan baku untuk keluar dari Buton, kata La Bakry, memerlukan pelabuhan yang memadai, sehingga jika dibutuhkan 3 hingga 4 juta ton pertahun itu memerlukan kapasitas pelabuhan yang memadai.

Untuk itu, pihaknya meminta agar pemerintah pusat dapar membantu pemerintah daerah menyiapkan sarana Pelabuhan tersebut dan Pemkab Buton telah menyiapkan lahan seluas 150 x 500 meter untuk mempersiapkan lokasi pelabuha.

“Kita akan reklamasi karena dangkal. Untuk kedalaman, Pelabuhan sudah sangat ideal untuk disandari kapal yang memuat aspal dalam kapasitas besar,” katanya.

Baca:   Empat Bulan Air tak Mengalir, Kinerja Direktur PDAM Konawe Disindir

La Bakry berharap perusahaan daerah dapat mengambil peran dalam pengelolaan pelabuhan bongkar muat aspal tersebut. Sehingga Ketika pengangkutan aspal buton dalam skala besar secara nasional maupun ekspor, Pemkab Buton juga mendapat bagian untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD). (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan