Bupati dan Wakil Bupati Muna Dilantik, Gubernur Berpesan

  • Bagikan
Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Muna periode 2021-2026 di Rujab Gubernur Sultra, Kamis (2/9/2021). (Foto: potongan video pelantikan)

SULTRAKINI.COM: Rusman Emba-Bachrun Labuta resmi menduduki kursi Bupati Muna dan Wakil Bupati Muna. Pasangan ini resmi dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi di Rujab Gubernur, Kamis (2/9/2021).

Proses pelantikan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Jumlah undangan pun disiapkan terbatas.

Usai resmi dilantik, Gubernur Ali Mazi memberikan pesan untuk direalisasikan selama masa periode pasangan tersebut pada 2021-2026.

Gubernur menegaskan, Rusman-Bachrun harus merealisasikan janji-janji politiknya ketika kampanye di Pilkada 2020.

Rusman dinilai sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan pemerintahan di Muna, sebab sudah dipimpinnya lima tahun terakhir. Sementrara Bachrun dinilai Ali Mazi memiliki pengalaman di birokrasi sehingga diharapkan bisa membenahi kelemahan dalam tatanan pemerintahan, sekaligus meningkatkan kinerja pemerintah di wilayah Muna.

“Saudara harus bekerja siang dan malam untuk memastikan setiap masyarakat di pelosok daerah yang saudara pimpin bisa merasakan pelayanan pemerintah yang baik,” jelasnya dalam pidato pelatikan yang juga digelar secara virtual itu.

Gubernur menambahkan, Kabupaten Muna yang dikenal dengan Muna barakati memiliki potensi alam yang luar biasa di berbagai sektor, misalnya pertanian, kelautan dan perikanan, dan pariwisata sehingga diharapkan bisa dikelola dengan baik agar menjadi modal pembangunan yang membawa kesejahteraan masyarakat.

Hal penting lainnya adalah menciptakan wilayah yang aman dan tentram dari semua elemen masyarakat. Termasuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19.

Baca:   Penyuluh Teladan Bakal Diutus ke Pusat

“Mari membangun Kabupaten Muna dengan berpijak pada falsafah leluhur saling mengasihi, saling menghormati, saling menghargai, saling asa asih, tenggang rasa untuk kemajuan daerah dan untuk kebaikan bersama,” ucap Ali Mazi.

Program prioritas pasangan kepala daerah Kabupaten Muna periode 2021-2026 tersebut yang dilansir dari berbagai sumber adalah sebagai berikut.

  1. Pemberian tunjangan kinerja daerah bagi ASN
  2. Perluasan pendidikan melalui balai latihan kerja
  3. Perluasan akses kesetaraan gender.
  4. Penerapan tekno struktur pada produk unggulan.
  5. Penguatan kesiapsiagaan bencana dan pandemi.
  6. Penerapan pelayanan prima melalui Mall Pelayanan Publik.
  7. Membangun sinergitas penegak hukum.
  8. Penguatan UMKM, koperasi
  9. Pengembangan kawasan perdesaan berbasis produk unggulan.
  10. Peningkatan daya dukung kepariwisataan dan pengembangan ekonomi kreatif.
  11. Peningkatan kapasitas infrastruktur wilayah pusat pertumbuhan dan kawasan perdesaan.
  12. Penyediaan sistem informasi dan kemudahan berinvestasi.
  13. Penguatan fungsi lembaga adat dalam implementasi nilai-nilai budaya Muna.
  14. Penerapan Standar Pelayanan Minimal dalam pemenuhan kebutuhan dasar.
  15. Peningkatan insentif pemuka agama.

Dalam Pilkada Muna 2020, Rusman-Bachrun diusung PDIP, Golkar, PKS, dan PKB. Pasangan ini unggul 53,4 persen atau 64.122 suara. Sedangkan rivalnya La Ode Muhammad Rajiun Tumada-La Pili memperoleh 46,6 persen atau 55.980 suara. Atau selisih 8.142 suara.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan