Bupati Kolaka: Keharmonisan Tingkat Desa Untuk Pemerintahan yang Sehat

  • Bagikan
Bupati Kolaka, Ahmad Safei. (Foto: Arsip SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Bupati Kolaka, Ahmad Safei menekankan perlunya kolaborasi antara kepala desa dan perangkatnya untuk menciptakan kekuatan dan keharmonisan dalam tercapainya pemerintahan yang sehat ditingkat desa.

“Jangan ada sekat atau jarak antara kepala desa dengan BPD, sekdes apalagi tokoh masyarakat, begitupun sebaliknya. Karena tujuan kita cuma satu, yaitu terciptanya pemerintahan yang sehat. Kalau tingkat desa berjalan dengan baik, kami di tingkat Kabupaten juga merasa senang. Jadi saya berharap cobalah para kepala desa untuk mewujudkan pemerintahan yang sehat,” katanya, Rabu (14/06/2017).

Ahmad Safei menegaskan hal ini bukan tanpa alasan. Sebab acap kali ada permasalajan yang seharusnya diselesaikan di tingkat desa, dibawa ke tingkat kabupaten.

“Masalah kepemilikan tanah misalnya, saling klaim. Ini kan bisa diselesaikan di tngkat desa, kenapa harus didorong lagi ke kabupaten. Bisa kita simpulkan kalau pemerintahan di tingkat desa masih rendah, inilah yang mendorong saya menegaskan masalah ini,” tambahnya.

Untuk meminimalisir permasalah yang berdampak pada proses hukum, perlunya ditingkatkan musyawarah di tingkat desa. “Penjara itu sudah penuh pak. Jadi kalau ada masalah, tolong kita musyawarahkan dulu. Jangan langsung saling lapor. Itulah pentingnya musyawarah tingkat desa,” tutup Safei.

Laporan: Suparman Sultan

Baca:   Pemilih Pemula di Kolaka "Dihipnotis" Tangkal Money Politik
  • Bagikan