Bupati Koltim Imbau Warganya Jaga Kebersihan di Musim Penghujan, Penyakit Mengintai Jika Kotor

  • Bagikan
Bupati Koltim, Andi Merya Nur saat meninjau titik-titik genangan air di Koltim, (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)
Bupati Koltim, Andi Merya Nur saat meninjau titik-titik genangan air di Koltim, (Foto: Hasrianty/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLTIM – Akibat  intensitas hujan yang tinggi, sebagian wilayah di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) muncul genang-genangan air, hingga menyebabkan sampah berserakan dimana-mana akibat luapan air dan akan menggangu aktifitas warga setempat.

Menyikapinya hal ini, Bupati Koltim Andi Merya Nur bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Syawauddin, langsung melakukan monitoring dibeberapa titik genangan air dan mengajak warga setempat di lokasi genangan air, salah satunya di areal Kantor Lurah Ladongi, Kecamatan Ladongi, langsung melakukan aksi bersih-bersih, Jumat (6/8/2021).

Andi Merya mengatakan, dimusim penghujan ini kebersihan pribadi maupun umum penting dijaga dan ditingkatkan kebersihannya.

Pasalnya, menurut dia, musim hujan juga kadang disebut musim penyakit,  genangan air dapat menjadi sarang nyamuk dan sumber penyakit lainnya. Olehnya itu ia meminta agar warga harus selalu mewawas diri dan menjaga pola hidup bersih.

“Jangan membuang sampah sembarangan, apalagi  saat ini virus Covid-19 masih mewabah, angka dan kecepatan penularan masih tinggi, tetap disiplin, jaga jarak, menggunakan masker jika berinteraksi dan sesering mungkin mencuci tangan,” ujar Andi Merya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Koltim Syawauddin mengatakan, untuk menjaga kebersihan ia akan meminta dan mengerahkan petugas kebersihan untuk melakukan pembersihan di wilayah yang perlu dibersihkan.

Baca:   Bupati Koltim Larang Kades Berbaju Kaos dan Sandal Jepit

“Hari ini kami membersihkan wilayah kantor Lurah Ladongi dan membuka saluran air untuk air tergenang yang ditinjau langsung oleh bupati. Ditempat lainnya petugas kebersihan kami dibantu dengan mahasiswa KKN juga melakukan aksi bersih-bersih,” katanya.

Syawauddin menegaskan, sebagaimana arahan Ibu Bupati Koltim, bahwa masyarakat harus ikut terlibat dalam menjaga kebersihan ini, salah satu dengan tidak membuang sampah sembarang tempat. Apalagi, saat ini menghadapi musim penghujan.

“Seperti yang dikatakan Ibu bupati, saya berharap masyarakat Kabupaten Koltim agar menjaga kebersihan lingkungan, apalagi saat ini dimusim pancaroba, penyakit musiman akan muncul dan menular,” jelasnya. (B)

Laporan: Hasrianty
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan