Bupati Konawe Ucapkan Bela Sungkawa Kepada Letda Marinir Muh Ikbal Putra Terbaik Konawe

  • Bagikan
Letda Marinir Muhammad Ikbal (Foto: Ist)
Letda Marinir Muhammad Ikbal (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Kabar duka datang dari tanah Papua. Salah satu Putra terbaik asal Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) gugur saat menjalankan tugas pengamanan di Papua.

Dia adalah Letda Marinir Muhammad Ikbal, seorang anggota Marinir TNI Angkatan Laut. Ia gugur setelah menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), di Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua, Sabtu (26 Maret 2022).

Jenazah almarhum tiba hari ini Senin, 28 Maret 2022 di rumah duka, Kecamatan Anggotoa, Kabupaten Konawe, Sultra.

Kepergian almarhum membawa duka yang teramat pilu bagi warga di daerah kelahirannya. Tak terkecuali juga Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa (KSK).

KSK sendiri mengaku kaget saat mendengar kabar duka tersebut. Ia mengucapkan bela sungkawa dan turut mendoakan, semoga almarhum di terima di sisi-Nya. Ia juga berharap, keluarga yang ditinggalkan bisa tetap kuat dalam menghadapi cobaan berat ini.

“Atas nama pemerintah Kabupaten Konawe, kami turut berduka cita atas gugurnya Letda Marinir Muhammad Ikbal. Ia adalah salah satu putra terbaik dan pahlawan yang dimiliki daerah ini,” ujar Kery, Senin (28 Maret 2022).

Almarhum telah dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga, Desa Anggotoa Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe.

Proses pemakaman Almarhum dilakukan secara militer, dipimpin Komandan Lantamal VI Makassar, Laksamana Pertama Benny Sukandari.

Baca:   Berkas Pelanggaran Kampanye Muliati Saiman Diterima Penyidik Polres Konawe

Untuk diketahui, almarhum lahir di Anggotoa, 26 November 1994. Jabatan terakhirnya, yakni sebagai Danton Ban Kipan A TNI AL.

Letnan Satu Marinir Anumerta Muhammad Ikbal, gugur dalam serangan Kelompok Separatis Teroris yang terjadi di Pos Satgas Mupe Kabupaten Nduga Papua pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Penyerangan kelompok Egianus Kogoya terjadi pukul 17.50 Wita. Dalam aksi itu, KKB melakukan penyerangan dengan cara membabi buta serta melemparkan granat.

KKB ini selain membunuh warga sipil, juga menembak dan aparat TNI yang sedang mengemban tugas negara.

Dalam aksi penyerangan itu, dikabarkan ada sembilan prajurit TNI terluka, dan satu perwira bernama Muh. Ikbal, berpangkat Letda (gugur) luka pada bagian lengan atas kanan hancur. Muh. Ikbal merupakan putra asali Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan