Bupati Konsel Teken MoU dengan Bakamla RI, Pembangunan Stasiun Sistem Peringatan Dini di Moramo Utara

  • Bagikan
Pemberian cendera mata Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksamana Muda Tatit E Witjaksono kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga. (Foto: Ist)
Pemberian cendera mata Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksamana Muda Tatit E Witjaksono kepada Bupati Konsel Surunuddin Dangga. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONSEL Bupati Konawe Selatan, H. Surunuddin Dangga ST MM menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI terkait pembangunan Stasiun Sistem Peringatan Dini (SPD) yang akan ditempatkan di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo Utara.

Kerja sama ini dalam upaya maksimalisasi pemantauan keamanan dan keselamatan laut. Penandatanganan kerja sama kedua belah pihak berlangsung di Aula Mabes Bakamla RI, Jalan Proklamasi No. 56, Jakarta Pusat, Kamis (20/1/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Aan Kurnia yang diwakili oleh Deputi Bidang Kebijakan dan Strategi Bakamla RI Laksamana Muda Tatit E Witjaksono mengatakan, Bakamla memiliki program pembangunan SPD tersebar di seluruh Indonesia.

“Total ada 35 titik SPD dan Konsel termasuk didalamnya yang akan berlokasi di Kecamatan Moramo Utara,” ucap Tatit E Witjaksono yang mewakili Kepala Bakamla RI saat memberikan sambutan.

Laksmana Muda Tatit menambahkan, penandatanganan nota kesepakatan dalam ranah peningkatan keamanan dan keselamatan di laut merupakan salah satu upaya kehadiran Bakamla RI dalam menjaga perairan nusantara.

Sementara itu, Bupati Konsel Surunuddin, menyampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan Bakamla RI yang telah menunjuk Konsel sebagai wilayah pembangunan SPD.

Bupati juga menyatakan kesiapannya dalam mendukung Bakamla RI berupa penyiapan lahan yang nantinya akan dijadikan lokasi pembangunan stasiun SPD di Kabupaten Konsel, Moramo Utara.

Baca:   Meskipun Hujan, Bupati Konsel Tetap Gunakan Hak Pilihnya

“Fasilitas yang akan dibangun oleh Bakamla RI juga akan sangat bermanfaat dalam deteksi dini bencana dan akan menjadi upaya pemberdayaan masyarakat pesisir dalam rangka mendukung peningkatan keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Konsel,” ungkap Surunuddin.

Dalam penandatanganan MoU tersebut Bupati Surunuddin didampingi oleh Kadis Perhubungan Budi Yuliarto Silondae, Kabag Protokol, dan Komunikasi Pimpinan Erna Yustiana, Kabag Hukum Pujiono dan Kabag Kerjasama Hasbi. **

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan