Bupati Wakatobi Lepas 25 Peserta Lomba Hekawouwou

  • Bagikan
Perlombaan mancing Hekawouwou berlangsung di Pantai Palahidu, Desa Palahidu Barat, Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKUNI.COM: WAKATOBI – Sebanyak 25 peserta meriahkan lomba Hekawouwou (memancing dengan cara tradisional dan rama lingkungan), Senin (27/03/2017). Perlombaan memancing merupakan bagian dari Festival Pulau Tukang Besi di Pulau Binongko yang langsung di buka oleh Bupati Wakatobi, Arhawi.

Lokasi perlombaan terlaksana di Pantai Palahidu, Desa Palahidu Barat, Kecamatan Binongko, Kabupaten Wakatobi.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Menangkap ikan dengan cara begini bagus, kalau pakai bom dan racun akan habis ikan dan karangnya kita akan rusak,” ucap Arhawi, Senin (27/03/2017).

Ia pun meminta kepada seluruh masyarakat Wakatobi khususnya warga Binongko, agar mempertahankan teknik tradisional tersebut dalam aktivitas melaut dalam kehidupan sehari-hari.

Lomba Hekawouwou diikuti 14 desa/kelurahan di Pulau Binongko. Peserta akan dinilai berdasarkan hasil tangkapan terbanyak melalui pengukuran timbangan. Soal hadiah, Ketua panitia perlombaan, La Ode Muh. Safei belum menentukan bentuk dan besaran yang akan didapatkan para pemenang. “Nanti kita akan sesuaikan dengan anggaran kita” katanya.

Baca:   Bupati Wakatobi Ditegur KASN
  • Bagikan