Buton, Lokasi Keempat Workshop Penulisan Konten dan Pariwisata

  • Bagikan
Workshop Penulisan Konten dan Pariwisata sub sektor media penulisan konten dan fotografi pariwisata di Kabupaten Buton. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: BUTON – Kabupaten Buton menjadi lokasi keempat agenda workshop penulisan konten dan pariwisata di Provinsi Sulawesi Tenggara. Kegiatan ini merupakan salah satu wadah bagi milenial untuk ikut mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerahnya.

Dinas Pariwisata Provinsi Sultra bersama Sultrakini.com bekerja sama menyelenggarakan workshop ekonomi kreatif sub sektor media penulisan konten dan fotografi pariwisata di Kepulauan Buton. Misi utamanya adalah mengajak milenial di daerah setempat berkontribusi membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui konten dan foto.

Dikatakan Kepala Dispar Sultra melalui Kepala Seksi Pengembangan Industri Pariwisata Muhammad Syamsul, ekonomi kreatif yang banyak dibicarakan bahkan menjadi topik utama dalam dskusi merupakan langkah cerdas dan efektif dlaam mereformasi, menselaraskan, dan mensinergikan pembangunan di tingkat daerah hingga global.

“Sistem informasi, kreativitas, inovasi serta ide merupakan dasar untuk menghadapi persaingan ekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ucapnya, Jumat (26/11/2021).

Ekonomi kreatif dinilai bisa berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi daerah dan negara dengan berkontribusi pada penyerapan tenaga kerja, pertumbuhan, dan penambahan pendapatan hingga pencitraan wilayah dengan menggunakan 17 sektor, di antaranya kuliner, fesyen, fotografi, seni, pertunjukan, desain produk, arsitektur, film animasi dna video, percetakan, tv, radio, desain interior, dan periklanan.

Baca:   Bupati Konut Siap Terima Aduan Soal BLT Lewat Call Center

Begitu berdampaknya ekonomi kreatif ini, kata Kadispar provinsi, diharapkan ikut menggaet kalangan milenial dlaam berkontribusi untuk pembangunan daerah.

“Konten dan fotografi merupakan konteks utama dalam rangka penciptaan brending terhadap produk pariwisata dan ekonomi kreatif Provinsi Sultra dengan mampu membangun narasi dari suatu produk baik berupa barang dan jasa pada destinasi unggulan dan prioritas akan memudahkan dalam menemukan pasar,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi. (Foto: Dok. Sultrakini.com)

Workshop yang disiarkan secara langsung itu juga diharapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buton, Rusdi Nudi menjadi ajang membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif melalui peran milenial.

“Kami sangat memberi apresiasi karena kegiatan ini adalah kegiatan pertama (di Buton) untuk Dinas Pariwisata Provinsi Sultra baik itu fisik maupun nonfisik. Kami berharap kegiatan ini bukan pertama dan bukan terakhir,” terangnya.

Workshop ekonomi sub sektor media tersebut diagendakan di enam titik lokasi sebagai pusat kegiatan, yaitu Kota Kendari, Kabupaten Muna, Kota Baubau, Kabupaten Buton, Bombana, dan Kabupaten Kolaka. Wilayah Buton merupakan lokasi keempat yang berlangsung pada 26-27 November 2021.

Kegiatan ini juga bisa disaksikan secara langsung di kanal Lulo Pedia, Website lulopedia.tv, Facebook Ekraf Dispar Sultra, dan Instagram ekraf_disparsultra.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan