Butuh Liburan Tapi masih Pandemi? 5 Tips Traveling Ini bisa Membantu Anda

  • Bagikan
Ilustrasi. (Shutterstock/eggeegg)

SULTRAKINI.COM: Setelah lebih dari dua tahun ruang gerak dibatasi oleh pandemi Covid-19, Anda tetap bisa berlibur untuk refreshing dan menyegarkan pikiran. Melepas penat dengan mengunjungi berbagai wisata menarik tentu bisa jadi alternatif utama. Namun bagaimana harus mempersiapkannya agar meminimalisir penularan Covid-19?

Ada banyak maskapai penerbangan beroperasi normal dan bisa Anda pilih saat traveling, misalnya Ana Airlines. Setelah tiket pesawat sudah di genggaman, tinggal mempersiapkan kebutuhan selama dalam perjalanan. Jangan lupa bawa serta pendukung protokol kesehatan, agar Anda tetap terlindungi selama menikmati asyiknya suasana berlibur.

Kenyamanan dan keamanan saat ini memang menjadi pilihan utama. Sebab Covid-19 belum berakhir. Penyebaran kasusnya masih sangat nyata dan perlu kewaspadaan yang dimulai dari diri sendiri. Terlebih bagi Anda yang sudah merasa bosan dan ingin berlibur menyenangkan di tengah pandemi. Tips berikut ini bisa jadi pilihannya demi menikmati waktu berlibur tanpa khawatir dengan penyebaran Covid-19.

  1. Cek Kondisi Kesehatan Tubuh

Sebelum terbang dan melakukan perjalanan jauh, hal wajib pertama perlu dilakukan adalah mengecek dan menjaga kondisi tubuh. Menjaga imun tetap berstamina adalah inti dari liburan menyenangkan di masa pandemi. Sebab tujuan dari perjalanan Anda tentu untuk menikmati hal-hal menarik dan membahagiakan, serta refreshing pikiran.

Sebelum keberangkatan, sebaiknya Anda beristirahat cukup, mengonsumsi asupan makanan bergizi dan ditambah dengan konsumsi multivitamin, baik suplemen vitamin C dan vitamin D yang sangat penting bagi tubuh. Jaga kondisi tubuh agar tetap fit sebelum keberangkatan.

Baca:   Tren Make up Tahun Depan

Dengan begitu tubuh Anda akan dapat secara efektif terlindungi dari virus, kuman, bakteri ataupun berbagai benda asing lainnya yang bisa menimbulkan sakit. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup minimal delapan gelas sehari untuk membantu tubuh tetap segar, fit, dan tidak mengalami dehidrasi.

Bila Anda atau keluarga yang akan berlibur mempunyai kondisi medis tertentu, serta dapat meningkatkan risiko terpapar Covid-19, sebaiknya pertimbangkan lagi rencana Anda. Jangan pergi berlibur bila sedang merasa tidak enak badan atau mempunyai kontak erat dengan orang atau pasien terinfeksi Covid-19.

  1. Membawa Alat Kebersihan Sendiri

Saat traveling dengan moda transportasi umum di masa pandemi, Anda wajib membawa alat kebersihan sendiri termasuk hand sanitizer dan tisu antiseptik. Hal ini penting untuk membersihkan kuman di sekitar tempat duduk Anda dan untuk mengelap tangan setelah Anda menyentuh benda-benda di tempat publik, seperti gagang pintu, gagang kursi, pintu toilet, bagasi, dan sebagainya.

Banyaknya benda atau permukaan yang bisa saja terkontaminasi kuman atau virus inilah sehingga Anda perlu membawa alat kebersihan sendiri, agar dengan cepat membersihkan tangan dengan menggunakan tisu antiseptik atau hand sanitizer yang Anda bawa tadi.

  1. Hindari Kerumunan dan Jaga Jarak Aman

Tips berikutnya ketika traveling di masa pandemi adalah hindari kerumunan serta tempat keramaian dan sebisa mungkin kurangi kontak langsung dengan banyak orang. Selain itu, Anda wajib menggunakan masker dengan benar saat berada di tempat umum.

Baca:   Hasil Pemeriksaan Pasien yang Dikabarkan Suspect Corona di Muna Negatif

Untuk meningkatkan efektivitas masker Anda saat menyaring partikel udara, Anda bisa menggunakan dua lapis masker, pertama medis dan kemudian dilapisi masker kain. Jika tidak diperlukan, Anda tidak wajib menggunakan face shield.

Namun, sebaiknya Anda membawa masker medis cadangan di tas untuk mengatisipasi masker yang Anda pakai basah atau kotor saat mengunjungi lokasi wisata.

  1. Gunakan Pembayaran Non-tunai

Agar lebih aman saat traveling di masa pandemi, sebaiknya gunakan pembayaran non-tunai saat berbelanja, membayar akomodasi, membeli sesuatu ataupun membeli tiket. Dengan pembayaran non-tunai, Anda bisa mengurangi kontak langsung dengan orang lain. Anda bisa membeli tiket pesawat, kereta api ataupun bus secara online di banyak website yang menyediakan layanan pemesanan, seperti Traveloka.

Anda bisa mendapatkan harga tiket pesawat murah hanya dengan membuka website atau aplikasinya. Caranya mudah, tinggal mencari tiket ke destinasi tujuan, kemudian pilih maskapai mana yang inginkan dan harganya sesuai budget Anda, lalu isi nama penumpang dan lakukan pembayaran non-tunai. Setelah selesai, e-ticket akan dikirim ke email Anda dan bisa langsung ditunjukkan tanpa perlu repot dicetak lagi.

  1. Pilih Tempat Menginap Tersertifikasi Standar Kesehatan

Sebelum memesan akomodasi atau tempat penginapan, sebaiknya Anda mengonfirmasi terlebih dahulu apakah tempat itu tersertifikasi standar kesehatan dan melakukan seluruh tindakan pencegahan serta protokol kesehatan yang dibutuhkan.

Baca:   Puluhan Ribu Pelaku UMKM di Sultra akan Terima BLT Rp 2,4 Juta

Saat Anda pertama kali masuk kamar hotel atau penginapan, usahakan menggunakan cairan desinfektan untuk permukaan benda dan area yang akan digunakan. Hal serupa juga berlaku jika Anda menyewa mobil selama traveling. Tetap lakukan pembersihan dengan desinfektan meski hotel tampak bersih dan higienis.

Itulah lima tips traveling aman di masa pandemi Covid-19. Apakah Anda masih ingin traveling di masa pandemi setelah membaca tips di atas? Jika jawabannya iya, lakukan persiapan dengan matang agar Anda dapat menikmati masa liburan dengan aman dan nyaman. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai fasilitas kesehatan di destinasi tujuan dan peraturan, serta regulasi yang berlaku saat ini.

Temukan semua informasi terbaru dan terlengkap hanya di Safe Travel Page Traveloka. Dengan Safe Travel Page, Anda bisa mendapatkan panduan dan informasi aturan berkunjung ke suatu destinasi di Indonesia maupun internasional.

Selain itu, Anda dapat mengetahui syarat terbaru yang berlaku untuk mencapai destinasi yang Anda inginkan, seperti syarat hasil tes Covid-19 (PCR atau rapid test antigen), kapan masa berlaku maksimalnya, perlu tidaknya membawa kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19, kewajiban karantina saat tiba di tujuan, dan lainnya.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan