Cabor Sambo Harumkan Nama Muna di Porprov Sultra 2022

  • Bagikan
Atlet cabor sambo bersama pelatih dan manajer dari Kabupaten Muna. (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Cabang Olahraga (Cabor) sambo menyumbangkan medali melebihi target yang diprediksikan Kabupaten Muna pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tenggara ke XIV.

Olahraga sambo terbilang baru terbentuk di Kabupaten Muna dan pertama kali diikutkan dalam Porprov Sultra. Namun atlet dari daerah kepulauan ini mampu merebut satu emas, satu perak, dan empat perunggu.

loker wartawan sultrakini

Medali tersebut diraih atlet Jein Juniarti untuk emas dan perunggu dengan mengikuti dua kelas, Erni Safitri mendapatkan perak serta masing-masing perunggu untuk Ilham Umar, Amirullah, dan M. Ibrahim.

Ketua Cabor Sambo, L. ombo mengatakan, prestasi ini dicapai dari kerja keras atlet bersinergi dengan pelatih dalam mempersiapkan pertandingan di Porprov 2022.

“Atlet yang disetujui KONI Muna hanya empat orang, dipersiapkan dengan mengikuti latihan berjalan dan latihan terpusat hingga siap bertanding dan semuanya meraih juara,” ucapnya, Selasa (29 November 2022).

Prestasi tersebut, lanjutnya, tidak terlepas dari dukungan Pemda Muna melalui KONI serta doa masyarakat Muna.

Atlet Sambo putri Uzbekistan Nodira Gulova (kiri) berusaha membanting atlet Sambo Vietnam Thi Hong Can (kanan) saat bertanding pada babak 16 besar Sambo putri kelas -48kg Asian Games 2018 di Assembly Hall JCC Senayan, Jakarta, Jumat (31/8). ANTARA FOTO/INASGOC/Reza Fitriyanto/nak/18.

Dilansir dari berbagai sumber, cabor sambo didebut pertama dalam Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Olahraga perpaduan seni bela diri antara gulat dengan judo ini, memiliki sejumlah varian, meliputi self defense sambo, freestyle sambo, special sambo, beach sambo, sport sambo, serta combat sambo.

Baca:   Rumah Warga di Kecamatan Pasir Putih Disemprot Disinfektan

Berdasarkan namanya, sambo akronim dari samozashchita bez oruzhiya sebagai pertahanan diri tanpa senjata yang dikembangkan Vasili Sergeyevich Oshchepkov, mata-mata Uni Soviet pada 1920an dan Viktor Spiridinov, praktisi bela diri.

Seni bela diri sambo merupakan olahraga yang berasal dari Rusia. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan