Calon Jemaah Haji Butur Diberangkatkan 25 Juli 2019

  • Bagikan
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara, Muh.Saleh. (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)
Kepala Kementerian Agama Kabupaten Buton Utara, Muh.Saleh. (Foto: Ardian Saban/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BUTON UTARA – Calon jemaah haji asal Kabupaten Buton Utara (Butur) masuk dalam kloter 26 menuju ke tanah suci. Jemaah akan diberangkatkan ke Arab Saudi pada 25 Juli 2019.

Pemberangkatan calon jemaah haji dari Butur menuju Kota Kendari pada 23 Juli, lalu diterima di embarkasi Makassar pada 24 Juli mendatang, kemudian diberangkatkan ke Arab Saudi pada 25 Juli 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Butur, Muh. Saleh sebelumnya menyatakan keberangkatan calon jemaah haji pada 24 Juli mendatang. Namun, pihaknya merakat informasi tersebut dan memastikan keberangkatan pada 25 Juli 2019.

Total jemaah haji asal Butur, Sulawesi Tenggara 16 orang, terdiri dari 12 perempuan dan empat laki-laki. Mereka merupakan masyarakat Butur dari Kecamatan Kulisusu sepuluh orang, Kulisusu Utara satu orang, Wakorumba Utara dua orang, dan Kecamatan Kulisusu Barat tiga orang.

Kepala Kantor Kemenag Butur, Muh. Saleh, mengatakan semua calon haji siap diberangkatkan pada 25 Juli mendatang yang tergabung dalam kloter 26. Jemaah juga siap dalam hal administrasi, imunisasi, perekaman biometrik, senam kesehatan haji hingga bimbingan manasik haji, ataupun pelaksanaan ibadah haji di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten.

“Alhamdulillah seluruh persiapan administrasi maupun teknis siap berangkat dan semuanya dalam kondisi sehat, ada calon jemaah haji kita lansia perempuan untuk usia 82 tahun. Latihan untuk memelihara kesehatan itu penting bagi calon jemaah haji, terutama banyak berolahraga dan banyak bergerak,” terang Saleh, Selasa (25/6/2019).

Terkait bimbingan manasik disesuaikan dengan juknis, pelatihan perjalanan haji, praktik lempar jumroh, praktik tawaf, dan pemutaran video proses dari tanah air hingga tanah suci, pelaksanaannya dilakukan di tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten.

Baca:   Lantik 282 Pejabat Butur, Abu Hasan: Saya Baru Rasa

Manasik di tingkat kabupaten dilakukan dua kali pertemuan, sedangkan tingkat kecamatan bimbingannya dilaksanakan delapan kali pertemuan.

“Sudah mulai berjalan dari tanggal 18 lalu dibuka pak kakanwil agama Provinsi Sulawesi Tenggara. Hampir semua narasumber kita dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Kendari, dari Dinas Kesehatan Butur, serta bidang teknis Kementerian Agama Buton Utara,” jelas Saleh.

Kini, Kemenag Butur berkoordiansi dengan Pemda guna persiapan pemberangkatan calon jemaah haji.

Kemenag Butur mendata, saat ini daftar calon haji berjumlah 225 orang.

Laporan: Ardian Saban
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan