Camat Kapoiala Konawe Dorong Pemdes Perkuat Sinergitas dengan OPD

  • Bagikan
Camat Kapoiala, Muh Sobri (tengah) pose bersama kepala desa/lurah usai rapat evaluasi. (Foto: Dok. Rubriksatu.com)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Pemerintah Kecamatan Kapoiala, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, mengadakan rapat evaluasi kinerja pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan desa/kelurahan serta penerimaan PBB-P2 desa/kelurahan yang berlangsung di kantor Camat Kapoiala pada Jumat, 16 Juni 2023.

Dalam kesempatan itu, Camat Kapoiala, Muh Sobri, mengingatkan para kepala desa agar tidak hanya fokus pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), namun juga aktif berkoordinasi dengan dinas-dinas lain seperti Dinas Pertanian, Perikanan, dan Disperindag. Tujuannya adalah untuk memperkuat sinergi antar instansi di Kabupaten Konawe.

Camat Kapoiala menekankan pentingnya kolaborasi dan koordinasi antar instansi dalam memajukan pembangunan wilayah. Ia mengingatkan para kepala desa bahwa tugas mereka tidak hanya terbatas pada PMD, tetapi juga melibatkan sektor-sektor lain yang berperan penting dalam pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam melaksanakan tugas pemerintahan dan pembangunan di desa, saya mengharapkan agar para Kepala Desa juga menjalin kerjasama yang erat dengan dinas-dinas terkait di tingkat Kabupaten Konawe. Kunjungilah Dinas Pertanian, Perikanan, Disperindag, dan dinas lainnya untuk berkoordinasi dalam rangka mencapai tujuan bersama,” ujar Camat Kapoiala.

Dalam rapat evaluasi tersebut, dilakukan pemantauan terhadap kinerja pemerintahan desa, perkembangan pembangunan, serta pembinaan kemasyarakatan di setiap Desa/Kelurahan di Kecamatan Kapoiala.

Evaluasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa program-program pembangunan dan pelayanan publik berjalan dengan baik, serta untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang perlu segera diselesaikan.

Sobri menekankan pentingnya pengelolaan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di tingkat desa/kelurahan. Hal ini merupakan sumber pendapatan yang penting bagi desa dan harus dikelola secara efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Rapat evaluasi kinerja pemerintahan, pembangunan, dan pembinaan kemasyarakatan Desa/Kelurahan di Kecamatan Kapoiala ini merupakan langkah konkret dalam meningkatkan koordinasi dan sinergi antara pemerintah kecamatan, pemerintah desa/kelurahan, dan dinas-dinas terkait. Diharapkan dengan adanya kerjasama yang solid, pembangunan di tingkat lokal dapat berjalan lebih efisien dan memberikan manfaat yang maksimal bagi masyarakat.

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan