Capaian Vaksinasi 71,8 Persen, Mubar Masuk PPKM Level 1

  • Bagikan
Kadinkes Mubar, LM Ishar Masiala. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)
Kadinkes Mubar, LM Ishar Masiala. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUBARKabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, berhasil mencapai target vaksinasi Covid-19 secara nasional sebesar 71,8 persen atau 46.128 orang.

Berkat capaian tersebut, wilayah Kabupaten Muna Barat kini masuk kategori PPKM level 1.

Kepala Dinas Kesehatan Muna Barat, LM Ishar Masiala mengatakan, pemerintah pusat telah menetapkan capaian vaksinasi setiap daerah. Apabila suatu daerah presentasi vaksinasinya mencapai 70 persen, maka daerah tersebut dapat menurunkan level penerapan PPKM.

“Capaian vaksinasi Covid-19 Muna Barat sudah mencapai 71,8 persen atau 46.128 orang dari target 70 persen. Berkat itu kita masuk kategori PPKM level 1,” ungkapnya, Senin (10/1/2022).

Selain itu, saat ini Kabupaten Muna Barat juga sudah tidak memiliki kasus terkonfirmasi positif Covid 19.

“Kita juga nol kasus terkonfirmasi positif COVID-19,” katanya.

Meskipun capaian vaksinasi di Mubar melampaui target dan masuk PPKM level 1, pihaknya mengimbau agar aktivitas masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Apalagi saat ini, Indonesia tengah disibukkan dengan penularan Covid-19 varian Omicron.

“Atas capaian target vaksinasi dan penurunan PPKM level 1 ini, kami minta kepada seluruh masyarakat Muna Barat untuk tidak lengah dalam mematuhi protokol kesehatan dalam beraktivitas” imbau LM Ishar.

Dia menambahkan, kedepannya bukan hanya usia 12-17 dan lansia saja yang akan disuntikkan vaksin. Tetapi juga anak usia 6-11 tahun akan disuntik vaksin.

Baca:   Perlindungan Jurnalis, antara Vaksin dan Suplai Suplemen dari AMSI

“Jadi, kedepan ini anak usia 6-11 tahun akan disuntik vaksin. Untuk pelaksanaannya ini, kita masih menunggu capaian target vaksinasi lansia sampai 60 persen,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini capaian vaksinasi lansia di Mubar masih mencapai 54 persen. Untuk itu, pihaknya masih memfokuskan vaksinasi kepada masyarakat lanjut usia (lansia).

“Kita targetkan 600 atau 700 lansia sudah divaksin untuk mencapai 60 persen ini. Kalau sudah capai target ini, maka kita akan memberikan vaksinasi kepada anak usia 6-11 tahun,” tutupnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan