Cara Membedakan Darah Haid Normal dan Gangguan

  • Bagikan
Ilustrasi.

SULTRAKINI.COM: Saat menstruasi sebagian perempuan kurang memperhatikan warna darah mestruasinya (haid). Ternyata melalui warna darah mens memiliki arti dan menandakan suatu gangguan.

Setiap bulannya para perempuan akan mengalami siklus mens, umumnya berlangsung sekitar 3-7 hari. Darah yang dikeluarkan saat mens normalnya berwarna merah terang. Namun tidak jarang ditemui warna lain saat menstrsuasi.

Gangguan sering terjadi pada menstruasi, berupa Amenora (tidak mengalami menstruasi) yang terbagi dua, yakni Amenorea Primer terjadi ketika seorang perempuan belum menstruasi hingga usia 16 tahun. Dan Amenorea sekunder merupakan kondisi saat seorang wanita tidak haid selama lebih dari tiga siklus atau 6 bulan.

Bentuk gangguan berikutnya, yakni Dismenore atau kram di perut saat menstruasi, Menorrhagia atau pengeluaran darah mens terlalu banyak, Oligomenorea atau siklus menstruasi tidak teratur.

(Baca juga: Ketahui, Jenis Rempah dan Buah Ini Dapat Melancarkan Menstruasi)

Untuk mengetahui warna darah mens normal atau tidak, berikut beberapa warnanya yang bisa membantu untuk melakukan pengecekkan mandiri.

Merah muda
Darah berwarna merah muda atau bisa saja muncul saat menstruasi. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan kadar hormon esterogen dalam tubuh.

Merah Terang
Darah haid yang normal berwarna merah terang. Biasanya warna ini akan muncul pada hari ke dua atau ketiga.

Baca:   Dinkes Buteng Kurangi Belanja Obat

Warna merah tua
Warna merah tua bisa ditemukan saat menstruasi. Darah ini menandakan siklus haid akan berakhir.

Cokelat
Warna haid akan berwarna cokelat jika kadar progesteron dalam tubuh sedang rendah. Darah ini juga menandakan siklus mestruasi akan berakhir atau bisa juga muncul saat awal mens.

Oranye
Jika warna darah haid Anda oranye, perlu diwaspadai. Warna darah ini menandakan terjadi infeksi bakteri atau infeksi menular seksual. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit jika mengalami kondisi tersebut.

Keabu-abuan
Jika saat menstruasi berwan keabu-abun itu berarti ada infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Jika kondisi ini terjadi segera konsultasikan ke dokter.

Kehitaman
Warna kehitaman biasanya muncul saat hari terakhir menstruasi. Namun kondisi ini juga bisa menandakan masalah kesehatan, misalnya keguguran. Anda bisa saja tidak menyadari jika sedang hamil. (B)

Laporan: Elsa Claudia
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan