Cegah Stunting TP PKK Buton Rutin Cek Perkembangan Anak Lewat Posyandu

  • Bagikan
Ketua TP PKK Buton Delya Matolalu La Bakry saat menimbang berat badan bayi, (Foto: Diskominfo Kabupaten Buton) 
Ketua TP PKK Buton Delya Matolalu La Bakry saat menimbang berat badan bayi, (Foto: Diskominfo Kabupaten Buton) 

SULTRAKINI.COM: BUTON – Ketua Tim Penggerak TP-PKK Kabupaten Buton, Delya Matolalu La Bakry mengunjungi lokasi posyandu di Posyandu Melati, Desa Ambuau Togo, Kecamatan Lasalimu Selatan, Rabu (7/4/2021).

Pada kesempatani itu, Delya melakukan penimbangan berat badan kepada bayi yang melakukan posyandu dan menyaksikan langsung pemberian vaksin dan pemeriksaan kesehatan ibu hamil, serta memberikan penyuluhan tentang stunting.

Ketua TP PKK Kabupaten Buton, Delya Montolalu La Bakry mengatakan ketersediaan makanan bergizi pada anak dan ibu hamil sangat diperlukan. untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya memberikan bantuan makanan tambahan sebagai upaya untuk mencegah stunting.

“Upaya mencegah penyakit stunting merupakan tanggung jawab bersama. TP PKK dan Pemkab Buton memiliki komitmen kuat dalam pencegahan stunting dengan cepat,” kata Ny Delya.

“Bantuan tersebut sejumlah 86 paket yakni 69 paket untuk Posyandu, 11 Paket untuk Anak Stunting dan 6 Paket diberikan kepada ibu hamil,” tambahnya. 

Mardiyah Meti salah satu anggota tim Delya mengatakan stunting merupakan keadaan anak yang gagal tumbuh dan berkembang karena kekurangan gizi jangka panjang selama seribu hari kehidupan terhitung sejam bayi dalam kandungan hingga anak usia 2 tahun.

Untuk itu, diharapkan agar ibu-ibu hamil dan ibu yang memiliki anak untuk selalu menghadiri posyandu yang dilaksanakan tiap bulannya.

Baca:   Kendari Terima Dana Kelurahan Rp 23 Miliar

“Posyandu harus dihadiri tiap bulan agar kita mengetahui perkembangan kesehatan anak. Selain itu bayi juga terhindar dari ancaman stunting sejak dini,” kata Mardiyah Meti, ketika memberikan pemahaman tentang stunting kepada ibu-ibu posyandu.

Untuk mencegah terjadinya stunting Ibu hamil dapat memenuhi kebutuhan gizinya dari makanan yang di konsumsi. Bumil juga rajin mengonsumsi ikan, sayuran dan buah.

“Apalagi di Lasalimu Selatan ini sekarang lagi musim buah naga maka mari manfaatkan kekayaan alam kita,” tuturnya. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan