CEK FAKTA: Isu Mundur Sri Mulyani dan Basuki dari Jabatan Menteri Warnai Jagat Medsos di Sultra

  • Bagikan
Ini potongan flayer yang ikut beredar di media sosial warga Sulawesi Tenggara.
Ini potongan flayer yang ikut beredar di media sosial warga Sulawesi Tenggara.

SULTRAKINI.COM: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani hingga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ramai diisukan akan mundur. Isu ini menjadi perbincangan hangat dalam pekan terakhir ini. Sejumlah group Whatsapp di Sulawesi Tenggara tidak luput dari seliweran isu tersebut. Juga, isunya menghiasi sejumlah beranda Facebook.

Sebelumnya, secara nasional memang dihiasi kabar soal pengunduran diri Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati yang awalnya dicetuskan oleh Ekonom Senior, Faisal Basri. Dia mengajak segenap kalangan untuk membujuk sejumlah menteri, termasuk Basuki dan Sri Mulyani, untuk mundur dari kabinet Jokowi.


CEK FAKTA:

Dalam unggahan di akun Instagram resminya @smindrawati, keduanya tampak berdiskusi membahas Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara hingga APBN.

“Pak Bas dan saya Sahabat dalam kerja, Minggu lalu Hari Selasa Di Istana Negara Tukar pikiran dan tukar kata Tentang membangun infrastruktur negara, juga Ibu Kota Nusantara, dan anggaran belanja yang dibutuhkannya yang terencana dan tertata, wujud tanggung jawab kita untuk Nusa Bangsa,” tulis Sri Mulyani.

Sri Mulyani melakukan kunjungan kerja dan pergi ke Dialog Building ASEAN’s Regional Integration Through the Digital Economy di Davos-Klosters, Swiss. Sri menerangkan, telah menyelesaikan agendanya di Swiss dengan menghadiri acara ASEAN yang membahas soal perekonomian digital.

“Menutup rangkaian agenda saya di Davos Klosters, saya bicara mengenai kawasan tempat tinggal kita – Asia Tenggara – di @worldeconomicforum. Saya mendiskusikan tentang bagaimana membangun integrasi regional @asean melalui perekonomian digital,” tulis Sri Mulyani dalam unggahan laman instagram resminya.

Beberapa waktu lalu, staf khusus Menkeu Yustinus Prastowo sendiri sudah menepis kabar pengunduran diri Sri Mulyani. Di dunia maya isu kemunduran Sri Mulyani disebut karena sang bendahara negara kecewa dengan pemerintahan saat ini.

“Klarifikasi: Tidak ada pernyataan Menkeu SMI mengundurkan diri dari jabatan Menkeu, meskipun ada rumor beredar. Sampai saat ini Ibu Sri Mulyani tetap menjalankan tugas menjaga keuangan negara dg penuh tanggung jawab,” tegas Prastowo di akun X (dahulu Twitter) @prastow.

Menteri Keuangan Sri Mulyani memastikan dirinya masih bekerja sebagai menteri di Kabinet Indonesia Maju hingga saat ini. Hal ini penegasan di tengah isu dirinya bakal mundur sebagai menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Saya bekerja, saya bekerja,” kata Sri Mulyani, usai menghadiri rapat di Istana, Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Sekretaris Jendral Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohamnad Zainal Fatah merespons adanya permintaan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Zainal Fatah mengaku belum mendengar desakan tersebut yang meminta Menteri Basuki untuk mundur dari jabatan ihwal arah dukungan politik Presiden Joko Widodo kepada Prabowo Subianto yang merupakan ketum Partai Gerinda.

“Belum dengar, saya belum bertemu pak Menteri, ini barusan dengar. Biasa saja ini tahun politik, yang penting kita dikasih tugas, kita kerjakan,” ujar Zainal Fatah.

Ditemui usai melaksanakan salat Jumat di masjid Kementerian PUPR, Basuki awalnya masih bersedia menjawab beberapa pertanyaan para awak media. Salah satunya yakni terkait kesiapan PUPR menyongsong upacara 17 Agustus di IKN Nusantara. Dia menjelaskan, persiapan mengenai hal tersebut sebenarnya sudah dilakukan oleh pihak Sekertariat Negara (Setneg), sementara Kementerian PUPR hanya mengurus soal prasarananya.

“Yang ngurus (upacara 17 Agustus di IKN) dari Setneg. Kita siapkan prasarananya,” kata Basuki di kantornya, Jumat, 26 Januari 2024.

Sayangnya, saat ditanya perihal isu bahwa dirinya tengah dirayu untuk mundur sebagai Menteri PUPR, Basuki hanya bergumam tak jelas mendengar pertanyaan tersebut.

“Aaarrgh,” ujar Basuki sambil berlalu memasuki kantornya. Tak hanya sampai situ, para awak media pun terus bertanya mencecarnya sambil berjalan, dan mencoba menanyakan kembali soal kabar tersebut. Namun, Basuki hanya diam tanpa mengucapkan sepatah kata pun, bahkan untuk mengiyakan ataupun membantah kabar tersebut.

KESIMPULAN:

Isu pengunduran diri Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono adalah hoaks. Sri Mulyani menegaskan masih bekerja dan Staf Khusus Menkeu membantah rumor tersebut, kabar tentang permintaan mundur Basuki Hadimuljono sendiri memberikan tanggapan singkat yang tidak mengkonfirmasi. Isu ini menjadi perbincangan hangat di tengah suasana politik yang semakin intens menjelang pemilihan.

REFERENSI:

https://economy.okezone.com/amp/2024/01/19/320/2957200/7-fakta-sri-mulyani-hingga-basuki-hadimuljono-diisukan-mundur-dari-kabinet-jokowi

https://nasional.kompas.com/read/2024/01/19/11510991/jawab-isu-mundur-dari-kabinet-sri-mulyani-saya-bekerja

https://www.presidenri.go.id/kabinet-indonesia-maju/

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1681603-reaksi-mengejutkan-menteri-basuki-tanggapi-isu-mundur-dari-kabinet-jokowi?page=2

loker marketing sultrakini
  • Bagikan