Ciptakan Masyarakat Sadar Hukum, Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Lomba Kadarkum

  • Bagikan
Asisten I Pemprov Sultra Syarifuddin Safaa didampingi Kakanwil Kemenkumham Sultra Sofyan membuka lomba Kadarkum tingkat provinsi. (Foto: Istimewa).
Asisten I Pemprov Sultra Syarifuddin Safaa didampingi Kakanwil Kemenkumham Sultra Sofyan membuka lomba Kadarkum tingkat provinsi. (Foto: Istimewa).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menyelenggarakan lomba keluarga sadar hukum (Kadarkum) tingkat provinsi.

Kegiatan yang direncanakan akan berlangsung selama dua hari, yakni 7 – 8 November 2019 diikuti sebanyak 14 kabupaten/kota di Sultra, tanpa Kabupaten Buton Utara, Kolaka Timur dan Kolaka Utara.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, diwakili oleh Asisten I, Syarifuddin Safaa mengatakan, pelaksanaan kegiatan ini dalam rangka peningkatan Sultra cerdas sebagai salah satu pilar Sultra emas.

“Lomba keluarga sadar hukum merupakan salah satu kegiatan dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat akan berperilaku untuk taat hukum. Saya atas nama Pemerintah Provinsi Sultra apresiasi setinggi-tingginya kepada peserta dan panitia atas terselenggaranya acara ini dengan baik,” katanya saat memberikan sambutan, Kamis (7/11/2019).

Ia katakan, pelaksanaan lomba Kadarkum sejalan dengan visi misi Pemerintah Provinsi Sultra yang dikenal dengan akronim Garbarata yaitu Gerakan Akselerasi Pembangunan Daratan dan Kepulauan. Syarifuddin juga meminta peserta agar dalam mengikuti lomba dengan sungguh-sungguh.

“Pemenang lomba Kadarkum tingkat pronvinsi ini akan mewakili Sultra pada lomba Kadarkum tingkat nasional yang akan dilaksanakan oleh pemerintah pusat tahun 2020,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Sofyan, mengungkapkan untuk mewujudkan masyarakat cerdas hukum sebagaimana diharapkan, perlu dilaksanakan pembinaan secara terus menerus dan berkesinambungan.

Baca:   Komitmen Layani Masyarakat, Kanwil Kemenkumham Sultra Buka Pendaftaraan Pemberi Bantuan Hukum

“Pembinaan ini diantaranya melalui lomba Kadarkum sehingga dapat meningkatkan kesadaran dan kepatuhan hukum masyarakat dalam menaati ketentuan peraturan perundang-undangan. Tahun 2019 ini Kanwil Kemenkumham Sultra bekerjasama dengan Pemprov Sultra menyelenggarakan lomba Kadarkum tingkat provinsi,” tuturnya.

Sofyan berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan peserta untuk dapat diimplementasikan dengan sebaik-baiknya dalam kehidupan masyarakat.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan