Cocok, 5 Makanan Ini bisa Menenangkan Bad Mood

  • Bagikan
Ilustrasi. (foto: Dok.Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Saat mengalami suasana yang buruk atau dikenal dengan sebutan bad mood, biasanya akan mulai mencari sesuatu sebagai pengalihan perasaan. Bisa berupa sesuatu yang disenangi atau mencari makanan yang disukai.

Sebagian orang juga bahkan melakukan kebiasaan untuk mengubah suasana hati mereka, seperti menyendiri, tidak banyak berbicara, maupun berdiam diri. Meski begitu, menyantap makanan tertentu bisa menjadi salah satu alternatif dalam memperbaiki mood.

Barikut enam macam makanan yang bisa membantu memperbaiki bad mood dirangkum dari berbagai sumber.

  1. Pisang

Mengonsumsi pisang ternyata menjadi salah satu alternatif yang mudah dalam mengembalikkan mood. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan asam amino triptofan dan vitamin B6.

Vitamin B6 berkontribusi mengubah asam amino triptofan menjadi hormon serotonin. Hormon inilah yang dibutuhkan tubuh dalam memperbaiki suasana hati. Tidak hanya itu, triptofan sendiri memang sering digunakan sebagai suplemen untuk mengatasi depresi, insomnia, serta gangguan kecemasan.

  1. Cokelat

Siapa yang tidak mengenal salah satu makanan pembangkit mood ini. Pada umumnya, cokelat memang sering dikonsumsi orang-orang karena dipercaya dapat memperbaiki suasana hati yang buruk. Sejumlah orang mencari cokelat untuk dimakan saat mereka mengalami stres maupun bad mood.

Bukan tanpa alasan, menurut penelitian di Swiss dengan mengonsumsi cokelat atau cokelat hitam dengan takaran 1,4 ons setiap hari selama dua minggu dapat mengurangi hormon kortisol. Hormon ini muncul ketika mengalami stres.

Baca:   Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua "Zaman Now"

Karena itulah dengan mengonsumsi cokelat dapat memicu otak melepaskan hormon endorfin dan zat serotonin dalam jumlah tidak sedikit.

  1. Kopi

Minuman berkafein ini dikenal sebagai minuman yang dapat mencegah kantuk, maka dari itu banyak yang mengonsumsinya pada pagi atau malam hari agar tetap segar dalam memulai sebuah aktivitas.

Hal ini dikarenakan kandungan dari kopi berupa kafein dapat mencegah adenosin (senyawa alami) yang menempel pada reseptor otak, sehingga menyebabkan tubuh mengalami rasa lelah. Dengan mengonsumsi kopi dipercaya akan membantu memperkuat tingkat fokus pada pikiran.

Manfaat lainnya dari meminum kopi adalah mengubah suasana hati yang kacau dengan adanya proses pelepasan neurotransmiter, seperti dopamin dan norepinefrin.

  1. Es Krim

Es krim dapat menjadi mood booster dalam suasana hati yang tidak baik. Di dalam kandungan es krim terdapat senyawa yang mampu memicu produksi thrombotonin.

Hormon thrombotonin mampu menaikkan mood serta mencegah adanya perubahan suasana hati. Kandungan susu pada es krim juga mampu memberikan sensasi tenang pada diri kita serta mencegah insomnia.

  1. Makanan Pedas

Sebagian masyarakat Indonesia dikenal dengan kecintaannya akan makanan pedas, termasuk dalam kondisi bad mood. Tidak hanya makanan manis saja yang dapat membantu perubahan mood, namun makanan yang dicampurkan dengan cabai ini juga memiliki manfaat sama.

Baca:   Bahaya Atau Aman? Kode Segitiga di Kemasan Plastik Ini akan Menjawabnya

Hal itu disebabkan dalam cabai memiliki zat capsaicin yang merupakan asal rasa pedas tersebut atau panas. Zat ini memiliki fungsi yang sama dengan kandungan yang terdapat pada cokelat, yakni memunculkan hormon endorphin untuk memberikan perasaan senang atau bahagia serta kekebalan tubuh.

Maka dari itu dalam mengonsumsi makanan yang disebutkan di atas tetap dalam porsi yang tidak berlebihan, guna tidak berdampak negatif pada kesehatan tubuh. (B)

Laporan: Rohiyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan