Corps Alumni Kehutanan FHIL UHO Selenggarakan Mubes ke II 2022

  • Bagikan
Musyawarah Besar Corps Alumni Kehutanan UHO, (Foto: Ist)
Musyawarah Besar Corps Alumni Kehutanan UHO, (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Corps Alumni Kehutanan, Jurusan Kehutanan, Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan Universitas Halu Oleo (UHO) bakal melakukan Musyawarah Besar (Mubes) ke II pada Sabtu, 23 April 2022 pekan ini.

Corps Alumni Kehutanan terbentuk sejak 2013 tepatnya pada 13 September, 9 tahun silam. Untuk pertama kali melahirkan Alumni sejak tahun 2010, saat itu masih terhimpun di Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo. Nanti pada tahun 2013 Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan beridiri sebagai fakultas mandiri di UHO.

Diusia yang sangat muda, dibentuklah organisasi ini sebagai wadah menghimpun diri, pikiran, dan semangat terkait dengan pengembangan profesi kehutanan. Tak kalah penting adalah membangun jejaring kemitraan untuk memfasilitasi alumni di dunia kerja.

Kurang lebih 9 tahun terkahir, komando kepemimpinan Corps Alumni Kehutanan didaulatkan kepada Ir. Hasddin, S.Hut., M.P.W., IPM, sebagai Ketua Umum.

Pada 2022 ini, ia telah purna tugas sebagai Ketua Umum, sehingga pada 23 April 2022 nanti bertempat di Hotel D’Blitz Kendari, Corps Alumni Kehutanan akan menyelengarakan Musyawarah Besar ke II untuk memilih kepengurusan baru (Ketua Umum) untuk masa bakti 3 tahun ke depan (sesuai dengan AD/ART yang berlaku).

Ditemui secara langsung, Ir. Hasddin, S.Hut., M.P.W., IPM , berharap agar Mubes ke II ini berjalan dengan baik, sehingga melahirkan kepengurusan baru untuk menakhodai organisasi sehingga cita-cita ke- Alumnian Kehutanan berjalan sesuai dengan harapan semua alumni, dan yang terpenting adalah pengembangan profesi kehutanan.

Baca:   O2SN, FLS2N, dan LKSN Mencari Sang Juara di Tingkat Sultra

“Isu kehutanan menjadi hangat saat ini seiring dengan tantangan kehidupan masyarakat Indonesia dan dunia yang kesemuanya berimplikasi pada kelestarian hutan sendiri. Karena itu, Alumni diharapkan menjadi pionir, dan contoh kepada masyarakat umum untuk ‘bersahabat’ dengan hutan dan alam secara general,” ungkap mahasiswa yang saat ini dalam studi akhir program Doktor Ilmu Manajemen, dengan Konsentrasi Studi Pengembangan Green City, Rabu (20 April 2022).

Terpisah, Ketua Panitia Mubes, Aladin Tunda, S.Hut, yang juga saat ini dalam masa studi akhir program Magister di Unhas, menyampaikan bahwa menyambung harapan Ketua Umum itu, Mubes tahun ini mengangkat tema ‘Menggugah Kembali Alumni Untuk Menjadikan Hutan Sebagai Maha Taman Tempat Kita Bekerja’.

“Tema ini mengandung banyak pesan yang mendalam, salah satunya bahwa dimanapun alumni kehutanan berada dan dalam kondisi bagaimana pun, nilai-nilai profesi kehutanan tetap diinternalisasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai cerminan dari pengembangan nilai-nilai kehutanan,” ungkapnya.

Sekretaris Panitia Penyelenggara, Yayat Nurkholis, S.Hut menyampaikan bahwa sesuai dengan kesepakatan panitia, Musyawarah Besar ke II diselenggaran selama 1 hari dengan harapan dapat melahirkan ketua umum baru sebagai estafet kepemimpinan Corps Alumni Kehutanan hingga 3 tahun kedepan.

“Model penyelenggaran pemilihan ketua umum dilakukan secara musyawarah mufakat sebagai ciri dari organisasi perhimpunan yang notabene menghimpun para cendekia di bidang kehutanan,” katanya.

Baca:   IAIN Kendari Mulai Seleksi Penerima Beasiswa Bidikmisi, Begini Syaratnya

Yayat Nurkholis yang akrab disapa Kang Yayat, menambahkan bahwa musyawarah secara mufakat sebagai jalan utama dalam menghindari silang pendapat atau perdebatan yang mengarah pada “kurangnya keakraban” sesama alumni.

“Metode ini juga sebagai implementasi dari nilai-nilai Pancasila yakni musyawarah mufakat,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan