Daftar Jadi Dekan FH Unsultra, Winner Siregar Inginkan Sistem, Struktur dan Kultur Adaptif

  • Bagikan
Anggota Senat FH Unsultra, Dr. Winner Siregar (ujung kanan) pada saat mengumpulkan berkas pendaftaran calon Dekan FH Unsultra (Foto: Ist)
Anggota Senat FH Unsultra, Dr. Winner Siregar (ujung kanan) pada saat mengumpulkan berkas pendaftaran calon Dekan FH Unsultra (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sehari menjelang penutupan tahapan pendaftaran calon Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) periode 2021-2025, Anggota Senat FH Unsultra, Dr. Winner Siregar resmi mendaftarkan diri sebagai calon dekan, Senin (22/3/2021).

Saat mengumpulkan berkas, alumni FH Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu menyampaikan beberapa hal yang menjadi fokusnya, jika nanti dipercaya menjadi Dekan Fakultas Hukum Unsultra yakni akan memperbaiki sistem, struktur, dan kultur yang baik di lingkungan FH Unsultra.

“Jadi seperti yang kita pahami, bahwa semua institusi mempunyai paling tidak apa yang disepakati sebagai sistem, struktur, dan kultur. Ini semua saling mempengaruhi, saling berinteraksi. Sistem yang baik diharapkan ditunjang dengan struktur yang baik, dan sedapat mungkin menghasilkan kultur yang baik,” ujarnya.

Tak hanya itu, Akademisi yang telah mengajar sebagai dosen di FH Unsultra sejak Tahun 2007 itu, mengungkapkan bahwa tata kelola yang baik adalah sebuah keharusan ditengah iklim kompetisi antar institusi saat ini.

“Juga pada saat yang sama peluang kolaborasi, sinergitas, harus tersedia dan diupayakan,” ujar pria Lulusun Doktoral yang pernah menulis desertasi tentang Politik Hukum itu.

Kemudian juga, Winner yang merupakan mantan Tim Seleksi (Timsel) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten/Kota di Sultra pada tahun 2018 itu menginginkan kedepan FH Unsultra dapat adaptif terhadap perubahan.

Baca:   KPU Kendari Serahkan Piagam Penghargaan kepada Perguruan Tinggi

“Jadi ditengah berbagai tantangan kita bersama saat ini, kita membutuhkan energi baru dan berkolaborasi untuk mengerjakannya. Dengan meletakkan kembali dasar-dasar menghadapi perubahan dan tantangan. Itu yang kita sebut sebagai adaptif of change,” terangnya.

Disamping itu, mantan Tenaga Ahli Badan Pengkajian MPR-RI pada tahun 2019 itu juga aktif dalam giat literasi seperti menulis dalam kolom opini tentang pemerintahan, pelayanan publik, politik, hukum, serta kepemimpinan pada beberapa media.

Winner juga beberapa kali dipercaya sebagai kontributor pada penulisan beberapa buku, yang terakhir ia menulis tentang Ujian Kepemimpinan Publik pada sebuah buku terbitan PT Gramedia Pustaka Utama Jakarta dengan judul The Power of Love : Bunga Rampai, Refleksi & Pergulatan Pemikiran di Era Pandemi Covid-19.

Untuk diketahui, tahapan pemilihan Dekan FH Unsultra telah dimulai sejak tanggal 19 Maret hingga 23 Maret 2021 dengan agenda pendaftaran calon dekan, lalu dilanjutkan dengan penyampaian visi dan misi pada 27 Maret 2021, dan tahapan akhir adalah wawancara pada tanggal 30 April 2021.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan