Daftar Medali yang Diperebutkan di Porprov XIII Bertambah

  • Bagikan
Wakil Ketua Tim Ferivikasi Cabor Porprov, Ashar. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Wakil Ketua Tim Ferivikasi Cabor Porprov, Ashar. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Daftar medali yang akan diperebutkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIII bertambah dari 2.234 menjadi 2.294 medali karena adanya tambahan cabang olahraga.

Gateball merupakan cabor yang sebelumnya tidak bertanding, kini resmi dilombakan dalam pesta olahraga empat tahun sekali itu. Selain itu, ada beberapa cabor yang mengurangi dan menambah daftar medali yang akan diperebutkan 5 hingga 15 Desember 2018 di Kabupaten Kolaka.

Wakil Ketua Tim Ferivikasi Cabor Porprov, Ashar, menuturkan terdata empat cabor yang menambah dan dua cabor mengurangi daftar medali. Cabor yang penambahan medali adalah atletik dari 84 menjadi 108 medali, biliard dari 24 menjadi total 28 medali, karate dari 60 menjadi total 76 medali, dan selam dari 156 menjadi 168 medali.

“Atletik melakukan perubahan pada emas, perak, dan perunggu dari jumlah masing-masing 28 menjadi 36 medali, dengan perubahan total medali dari 84 menjadi 108 medali. Sementara karate merubah emas dan perak dari 15 menjadi 19 medali sementara perunggu dari 30 menjadi 38 medali dengan perubahan total daftar medali dari 60 jadi 76 medali,” jelas Ashar, Rabu (21/11/2018).

Kemudian biliard menambah total daftar medali dari 24 menjadi 28, di mana hanya menambah jumlah perunggu dari delapan menjadi 12 medali. Sementara selam, dari 156 menjadi 168 medali dengan masing-masing medali dari 52 menjadi 56 medali.

ibu alimazi

Sedangkan cabor yang melakukan pengurangan medali, seperti dayung dari 147 menjadi 129 total medali. Softball dari delapan menjadi enam medali dengan perunggu dari empat menjadi dua medali.

Baca:   Tim Penjaringan Harus Lahirkan Calon Ketua KONI dalam 21 Hari

“Tinju merubah daftar medali dari 72 menjadi 68 medali denganmasing-masing emas dan perak dari 18 menjadi 17 dan perunggu dari 36 menjadi 34 medali. Setelah itu ada tambahan 28 medali dari gateball, dengan rincian emas perak masing-masing tujuh medali dan perunggu 14 medali dengan total 28 medali,” jelasnya.

Wakil Ketua II KONI Sultra itu mengaku, penambahan dan pengurangan daftar medali disesuaikan dengan aturan dari cabor masing-masing dan kondisi daerah penyelenggara Porprov. Selain itu, tujuan Porprov untuk menyeleksi atlet-atlet di tingkat provinsi menuju tingkat nasional, baik Kejurnas, pra PON mau pun PON. Sebab itu, jumlah 2.234 medali sebelumnya masih memungkinkan untuk bertambah dan berkurang.

“Untuk pengurangan daftar medali disesuaikan dengan kondisi daerah penyelenggara, awalnya kita berharap semua venue tersedia termasuk nomor perlombaan. Kemudian cabor yang menambah daftar medali berarti cabor itu belum memasukkan semua nomor yang akan dilombakan,” tambahnya.

Laporan: M. Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan