Daftar Tunggu Jamaah Haji Sultra Capai 38.725

  • Bagikan
Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra, H. La Maidu. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM).
Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra, H. La Maidu. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Daftar tunggu (waiting list) calon jamaah haji Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang terdaftar di Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sultra tercatat 38.725 jamaah.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Urusan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sultra, H. La Maidu. Ia katakan, kuota pemberangkatan calon jamaah haji di Sultra setiap tahun hanya mencapai 2.012 orang.

“Kuota jamaah haji Sultra masih seperti tahun lalu yaitu sebanyak 2.012 orang jamaah reguler dan ditambah dengan formasi tenaga pemandu haji daerah sebanyak 14 orang,” jelasnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/02/2019).

Lebih lanjut La Maidu mengungkapkan, jamaah haji yang mendaftar tahun ini harus menunggu sekitar 20 tahun yang akan datang baru berangkat. Dari 38.725 orang daftar tunggu calon haji tersebut tersebar di 17 kabupaten/kota se-Sultra.

“Untuk daftar tunggu haji masih didominasi oleh Kota Kendari. Dari 38.725 orang daftar tunggu haji, Kota Kendari sebanyak 625 orang,” jelasnya.

Setelah Kota Kendari lanjutnya, daerah yang memiliki daftar haji terbanyak adalah Kabupaten Kolaka sebanyak 377 orang, kemudian diikuti Kota Bau-Bau.

La Maidu mengaku, belum mengetahui secara pasti biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) tahun 2019 bertambah atau tidak. Yang pasti, setoran awal BPIH seperti musim haji tahun lalu.

Baca:   Jemaah Haji Indonesia Batal Berangkat di 2021, Bagaimana Uang Jemaah?

“Sesuai dengan kesepakatan Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Agama masih sama seperti tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Laporan: La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan