Dampak Corona, MUI Sultra Imbau Umat Muslim Salat di Rumah Selama Ramadan

  • Bagikan
Ketua MUI Sultra, Mursyidin (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Majelis Ulama Islam (MUI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengimbau umat muslim agar melaksanakan salat di rumah pada Ramadhan 1441 hijriyah, selama pandemi virus corona (Covid-19) belum selesai.

Ketua MUI Sultra, Mursyidin, mengatakan imbauan tersebut sebagai langkah pencegahan dan untuk memutus matarantai terhadap penyebaran virus corona, sebagaimana imbauan pemerintah yaitu melakukan physical distancing, melarang kerumunan, serta menghentikan berbagai aktivitas di luar rumah yang kemudian digantikan dengan work from home atau bekerja dari rumah.

“Kalau memang nanti sampai bulan Ramadan masih dalam kondisi darurat corona lebih baik kita melaksanakan salat di rumah masing-masing,” ujarnya, Selasa (31/3/2020).

Mursyidin berharap, agar penyebaran virus corona cepat berakhir sebelum masuk bulan ramadan. Namun apabila virus corona semakin meningkat, alangkah baiknya melaksanakan salat di rumah masing-masing.

“Ibadah salat tarwih sifatnya sunnah, shalat fardhu saja bisa diringankan, apalagi salat tarwih. Dalam kaidah hukum mengatakan menghindari mudarat daripada mendatangkan kemaslahatan,” jelasnya.

Ia sampaikan, bagi masyarakat yang ingin salat di masjid, boleh saja dilaksanakan tapi harus dipastikan tidak terkontaminasi.

“Untuk lebih amannya, lebih baik mencegah agar penularan satu orang tidak membahayakan banyak orang,” tutupnya.

Laporan:La Niati
Editor: Habiruddin Daeng

Baca:   Hasil Seleksi Eselon II Tak Kunjung Diumumkan, DPRD Sultra: Ini Kerugian Bagi Daerah
  • Bagikan