Dekranasda Konawe Tingkatkan Keterampilan Membuat Kemasan dan Labeling Pelaku UMKM

  • Bagikan
Pembukaan pelatihan pelaku UMKM di Konawe yang digelar oleh Dekranasda. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Konawe terus mendorong peningkatan keterampilan dan kemampuan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat melalui pelatihan, Rabu (27 Juli 2022).

Kali ini, pelatihan yang diberikan, yakni pelatihan cara membuat kemasan, labeling, hingga kerajinan tempurung kelapa dengan melibatkan sedikitnya 50 pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Konawe.

Mereka terbagi atas dua kelompok, 25 orang mengikuti pelatihan kemasan dan labeling, sedangkan 25 orang anggota UMKM lainnya ikut pelatihan tempurung kelapa, yang berlangsung sampai 29 Juli 2022.

Pembukaan pelatihan ini turut dihadiri dan disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Konawe, Jahiuddin.

Ketua Dekranasda Konawe, Titin Nurbaya Saranani, mengatakan pelatihan ini merupakan program dari Dekranasda Konawe tujuannya untuk meningkatkan SDM pengrajin dan para pelaku UMKM sehingga memiliki daya saing.

“Melalui kegiatan ini kita harapkan tumbuh pengrajin yang mampu menghasilkan karya-karya dengan nilai ekonomis yang bersaing di pasaran,” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta agar para peserta pelatihan betul-betul memanfaatkan peluang ini sehingga nantinya ketika kembali ke masyarakat bisa langsung mengimplementasikan ilmunya.

“Kita harapkan kegiatan ini bukan sebatas seremoni saja. Tapi ada yang bisa diimplementasikan untuk menghasilkan karya yang nyata,” pintanya.

Baca:   Bulog Sultra Salurkan 29 Ton Beras BPNT ke Konut

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan