Demokrat-PPP Sepakat Koalisi di Pilkada Sultra 2018

  • Bagikan
Ketua DPD Demokrat, Muhammad Endang dan Ketua DPW PPP, Rasyid Syawal berjabat tangan usai melakukan pertemuan tertutup terkait Pilkada 2018 di Sultra. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Menghadapi Pilkada Serentak 2018 di Sulawesi Tenggara (Sultra), DPD Demokrat dan DPW PPP Sultra bersepakat membangun koalisi. Hal ini diungkapkan keduanya usai melakukan pertemuan di Sekretariat Demokrat Sultra, Minggu (9/4/2017).

Ketua DPD Demokrat, Muhammad Endang, mengungkapkan pertemuan partainya dengan PPP menghasilkan kesepakatan untuk bekerjasama di empat penyelenggaraan Pilkada 2018 di Sultra. Ia mengaku kalau bentuk kerja sama tersebut akan ditindaklanjuti pada pertemuan selanjutnya di Sekretariat PPP Sultra.

“Kita sepakat bekerja sama di Pilgub dan 3 daerah lain di Sultra pada Pilkada 2018. Kerjasamanya dalam bentuk koalisi,” jelas Endang yang juga diiyakan oleh Ketua DPW PPP Sultra, Rasyid Syawal.

Untuk itu, keduanya mengaku telah menyepakati kriteria yang akan dijadikan acuan untuk menentukan calon usungan di emapt gelaran Pilkada 2018 di Sultra.

“Tentunya punya elektabilitas yang memang menjadi kehendak masyarakat. Untuk itu nanti akan ada survey yang akan dijadikan patokan. Tiga elektabikitas teratas itu yang akan diambil,” jelas Endang.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Untuk itu, keduanya mempersilahkan kader untuk bersosialisasi di masing-masing daerah pilkada. Namun, keduanya tetap membuka diri untuk semua calon dari luar. 

“Kita tetap juga membuka diri dengan calon dari luar kader karena kami terbuka ke siapa pun. Akan tetapi, dia harus sepakat dengan kriteria yang kami tawarkan,” tegasnya.

Baca:   IKA Smandara Dikukuhkan, Bupati Muna: Semoga Memajukkan Daerah

Terkait kekurangan kursi untuk mengusung calon, keduanya mengaku telah ada tambahan partai yang telah juga ikut berkomunikasi. Namun, keduanya belum ingin mengungkap partai yang dimaksud.

Jumlah kursi Demokrat di DPRD Sultra sebanyak 6 kursi dan PPP sebanyak 2 kursi. Butuh tambahan 1 kursi untuk dapat mengusung calon di Pilgub Sultra.

Sedangkan di Kota Baubau Demokrat punya 3 kursi dan PPP 2 kursi. Di Konawe Demokrat punya 2 kursi dan PPP tak punya kursi. Di Kolaka Demokrat punya 2 kursi dan PPP 3 kursi.

  • Bagikan