Desa Sido Makmur Unggul dalam Ajang Lomba Desa, Mewakili Muna Barat di Tingkat Kabupaten

  • Bagikan

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT-Merupakan salah satu bagian penting dari Kabupaten Muna Barat yang luasnya meliputi tiga wilayah utama, yaitu Lawa, Tiworo, dan Kusambi (Laworoku), dengan total 11 kecamatan dan 81 desa, serta 5 kelurahan di sepanjang wilayahnya.

Desa Sido Makmur yang terletak di Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep) dipilih sebagai perwakilan dari Kabupaten Muna Barat dalam perlombaan desa tingkat kabupaten, yang diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara pada Jumat, 31 Mei 2024.

I Gede Panca, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Provinsi Sulawesi Tenggara, menjelaskan bahwa tujuan dari lomba desa ini adalah untuk memberikan pembinaan kepada desa-desa peserta. Desa yang menunjukkan kinerja yang baik akan mendapatkan penghargaan atau reward sebagai apresiasi atas prestasinya.

“Essensi dari lomba desa ini adalah agar pengurus desa dan lembaga kemasyarakatan dapat bersinergi dalam membangun desa menuju arah yang lebih maju,” ungkapnya.

Menyambut komentar tersebut, Camat Tikep, L Abdul Muin, menambahkan bahwa salah satu tujuan dari lomba desa/kelurahan adalah untuk mengidentifikasi dan menemukan desa dengan kinerja terbaik dalam berbagai aspek, seperti pemerintahan, wilayah, dan masyarakat. Hal ini bertujuan untuk membuat desa-desa tersebut sebagai lokasi percontohan (labsite) dalam upaya mempercepat pemerataan pembangunan.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMD) Muna Barat, Aswin, menegaskan bahwa penyelenggaraan lomba desa/kelurahan memerlukan sumber daya manusia yang kompeten, inovatif, dan kreatif. Peningkatan kapasitas pemerintah desa dan kelurahan menjadi kunci penting dalam upaya mendukung dan melaksanakan program tersebut.

Laporan: La Ode Abubakar

  • Bagikan