Desa Sumber Sari Moramo Harumkan Nama Konsel, Terima Penghargaan dari Kementerian LHK

  • Bagikan
Wakil Bupati Konsel, Rasyid terima penghargaan dari Kementrian LHK. (Foto: Dok. Konaweselatan)
Wakil Bupati Konsel, Rasyid terima penghargaan dari Kementrian LHK. (Foto: Dok. Konaweselatan)

SULTRAKINI.COM: Pemerintah daerah dan masyarakat Konawe Selatan (Konsel) patut berbangga dengan harumnya nama daerah ditingkat nasional pada momen peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2021.

Pasalnya, Kelompok Tani Sumber Sari, Desa Sumber Sari, Kecamatan Moramo yang diberikan penghargaan oleh Kementerian LHK sebagai kawasan konservasi yang berhasil memanfaatkan energi dari kawasan air terjun Moramo menjadi pembangkit listrik tenaga mikro hidro dibawah bantuan Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Sultra. 

Puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) tersebut dibuka secara resmi pada Senin, 22 November 2021, yang diadakan di Taman Wisata Alam Laut (TWAL) Teluk Kupang, Pantai Lasiana, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peringatan HKAN 2021 ini berlangsung selama tiga hari, pada 22-24 November 2021, secara hibrid (luring/daring). 

Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Dr Alue Dohong, menghadiri langsung puncak acara pada Rabu, 24 November 2021.

“Masyarakat khususnya di kawasan konservasi Desa Sumber Sari berhasil memanfaatkan potensi alam dengan baik tanpa melakukan pengrusakan sehingga sisi pelestarian alam disamping pemanfaatan yang terjaga dengan baik” ucap Wakil Bupati konsel Rasyid, Kamis (25/11/2021).

Rasyid menambahkan penghargaan ini menjadi simbol bahwa pemerintah pusat menghargai masyarakat setempat dengan akses yang diberikan, dimana terjadi pengkolaborasian pemanfaatan dan pelestarian kawasan konservasi oleh masyarakat. 

Baca:   Salat Idul Fitri 1442 H di Kendari Boleh, Asalkan

Pasangan Surunuddin Dangga juga mengajak seluruh masyarakat utamanya yang berada di dekat kawasan konservasi atau kawasan hutan untuk selalu menjaga pelestarian alam demi mengejar keuntungan dari oknum-oknum yang gemar memanfaatkan kawasan konservasi atau sejenisnya hanya untuk kepentingan jangka pendek tanpa masa depan alam dan masyarakat itu sendiri. 

Puncak Peringatan HKAN 2021 kali ini juga bersamaan dengan peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 5 November 2021 yang mengusung tema “Keanekaragaman puspa dan satwa, aset dasar pemulihan ekonomi nasional”. 

Peringatan Puncak HKAN 2021 sekaligus menjadi Pembuka Pelaksanaan Jambore Nasional, Pameran Konservasi Alam dan Festival Taman Nasional/Taman Wisata Alam 2021. Dan diakhiri dengan peluncuran aplikasi digital kawasan konservasi alam di Indonesia.

Laporan: Tian dan Siti Fauzizah.A
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan