Deteksi Kanker Rahim Pakai KIS

  • Bagikan
Kepala BPJS Kesehatan Kota Kendari, Dian Eka Rini. (Foto: dok/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kanker merupakan salah satu penyakit yang cukup menjadi momok bagi masyarakat. Pasalnya, penyakit jenis ini dapat merusak sistem tubuh dengan perlahan sehingga kadang tidak disadari.

 

Ternyata, beberapa jenis penyakit Kanker dapat dideteksi keberadaanya melalui proses pemeriksaan yang intensif. Salah satunya, Kanker Rahim bagi wanita yang dapat dideteksi dengan pemeriksaan Pap Smear.

 

Mengingat pentingnya pemeriksaan Pap Smear bagi masyarakat khususnya kaum wanita di Kota Kendari, Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Kendari memberikan perhatian khusus dengan bekerjasama dengan fasilitas penyedia pemeriksaan Pap Smear.

 

Dijelaskan Kepala BPJS Kesehatan Kota Kendari, Dian Eka Rini pada SULTRAKINI.COM, bagi masyarakat pemegang kartu KIS dapat memeriksakan dirinya di Klinik Prodia.

 

”Ini merupakan bagian dari program promosi dan preventif BPJS yang setiap tahun diadakan. Jadi masyarakat cukup membawa kartu KISnya ke Prodia untuk mendapatkan pemeriksaan pap smear,” jelasnya.

 

Pemeriksaan Pap smear atau tes Pap kata Dian, yakni pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini Kanker leher rahim. Dengan tes ini dapat ditemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal penyebab Kanker.

 

”Namun ada syarat umur yang ditetapkan yakni untuk wanita dengan usia 35 tahun ke atas,” jelasnya.

Baca:   Dua Partai Pengusung KSK-GTS Cenderung Tak Solid

 

Melalui kerjasama ini ungkap Dian, salah satu kemudahan yang bisa dirasakan yakni dapat memeriksakan langsung untuk pendeteksian dini Kanker Rahim tanpa perlu menggunakan rujukan dari rumah sakit.(C)

 

Editor: Gugus Suryaman

  • Bagikan