Dikbud Konawe Perpanjang Masa Belajar di Rumah Hingga Desember 2020

  • Bagikan
Kepala Dikbud Konawe, Suryadi. (Foto: Ulul Azmi/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe memutuskan untuk memperpanjang masa belajar di rumah bagi siswa hingga Desember 2020. Hal tersebut dilakukan mengingat pandemi Covid-19 di Kabupaten Konawe belum juga berakhir.

“Surat edaran-kami-belajar di rumah hingga 13 Juni, tapi kita akan perpanjang lagi. Kita akan ikuti arahan Kemendikbud, yakni hingga Desember 2020,” ucap Kepala Dikbud Konawe, Suryadi, Jumat (5/6/2020).

Perpanjangan masa belajar di rumah dikarenakan Konawe masih zona merah Covid-19 dan lainnya. Berdasarkan survei PGRI pusat menunjukkan, sebanyak 72 persen orang tua siswa menolak anak-anaknya disekolahkan dalam masa pandemi virus.

Di satu sisi, Non Governmnet Organization (NGO) pusat hingga daerah juga tidak sepakat jika siswa-siswi disekolahkan di tengah pandemi Covid-19.

“Kalau mau dilihat dari tingkat kecamatan, boleh jadi kita kasih formulasi kecamatan yang bisa sekolahkan anaknya. Tapi saya masih takut, jangan sampai ada tamu-tamu kita yang dari luar tidak tahu kalau dirinya ternyata terpapar covid, lalu anak-anak kita bersalaman atau bersentuhan, itu yang kita khawatirkan,” jelasnya.

Adapun ulangan sekolah, sebanyak 276 tingkat SD dan 67 tingkat SMP yang dijadwalkan akan dilaksakana 8 Juni mendatang, pihaknya telah mempersiapkan ujian berbasis daring, luring, hingga portofolio.

Baca:   Tambah 2 ODP, RS Darurat Covid-19 Konawe Penuh

“tahun ajaran baru tetap dilaksakan di bulan Juni dan tetap proses belajarnya di rumah. Saat ini, SMP mulai penerimaan siswa baru dengan berbasis zonasi,” tambahnya. (C)

Laporan: Ulul Azmi
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan