Dikbud Sultra Lestarikan Budaya Lewat Gerak dan Lagu Garbarata

  • Bagikan
Pemenang lomba gerak dan lagu Garbarata yang Hardiyono Zimani, (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)
Pemenang lomba gerak dan lagu Garbarata yang Hardiyono Zimani, (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggaungkan program pengembangan kesenian tradisional.

Salah satunya dengan menggelar lomba gerak dan lagu Garbarata tingkat Kota Kendari kepada para guru-guru sekolah sasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA) dan sekolah menengah kejuruan (SMK) sederajat pada 22 Oktober 2021, kemarin.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum dan Taman Budaya Sultra, La Udin menjelaskan, tujuan diadakan kegiatan tersebut guna meningkatkan pelestarian budaya Sulawesi Tenggara dalam rangka memperkenalkan gerak dan lagu garbarata kepada masyarakat Sultra.

“Lomba gerak dan lagu Garbarata ini dalam rangka pelestarian budaya serta memperkenalkan kepada masyarakat Sultra,” ujarnya.

Peserta lomba gerak dan lagu Garbarata Sultra. (Foto: Hardiyono Zimani/SULTRAKINI.COM)

Lomba gerak dan lagu garbarata yang diselenggarakan ini juga bermakna kebugaran dan kebersamaan.

Kegiatan pelesatrian kebudaayaan ini diselenggarakan setiap tahunnya oleh Dikbud Sultra melalui UPTD Museum dan Taman Budaya Sultra.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio mengungkapkan lewat gerak dan lagu Garbarata ini mempunyai makna yang tersirat didalamnya yang memiliki nilai-nilai budaya.

Sehingga diharapkan pelestarian budaya tetap dijaga di era perkembangan teknologi saat ini dan tentunya lewat teknologi juga kebudayaan dapat cepat tersampaikan kepada masyarakat.

Baca:   Terkendala Laporan Sekolah, Dana BOS Belum Tersalurkan

“Kebudayaan tetap terus dilestarikan dan dijaga apalagi di era teknologi saat ini kita harus pintar memanfaatkan teknologi untuk pelestarikan kebudayaan sebagai wadah promosi kepada masyarakat,” ucapnya.

Diketahui, pemenang pada lomba juara gerak dan lagu Garbarata tingkat Kota Kendari diraih oleh SMAN 4 Kendari sebagai juara 1, SMKN 4 Kendari juara 2 dan SMA 1 Kendari juara 3.

Para pemenang juga mendapatkan sertifikat, piagam dan uang pembinaan. (B)

Laporan: Hardiyono Zimani
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan