Dikonsumsi Yuk, Jenis Sayuran Ini Bagus untuk Menjaga Kesuburan Pria

  • Bagikan
Ilustrasi sayur: (Foto: Sela/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Tahukah kamu, sejumlah sayuran bisa membantu dalam meningkatkan kesuburan sistem reproduksi, khususnya pada pria. Tidak ada salahnya jika sejak dini kualitas kesuburan itu perlu diperhatikan.

Dilansir dari berbagai sumber, faktor gaya hidup sangat berperan dalam kesehatan, tidak terkecuali kesuburan seseorang. Nutrisi yang baik misalnya dapat membuat tubuh sehat dan kesuburannya juga ikut terjaga. Untuk itu penting bagi pria mengonsumsi sayuran dengan nutrisi yang baik.

Berikut enam jenis sayuran dengan manfaat baik bagi kesuburan pria

  1. Toge

Toge dipercaya bagus untuk meningkatkan kualitas sel sperma karena proteinnya lebih tinggi dari sayuran lainnya. Toge mengandung segudang nutrisi, misalnya protein, karbohidrat, serat, gula, fosfor, kalsium, natrium, zinc, kalium, tembaga, zat besi, vitamin A, B, dan C. Di mana hal ini membantu untuk meningkatkan kualitas dari sel sperma yang dihasilkan oleh pria.

  1. Bayam

Bayam jenis sayuran dengan mengandung asam folat yang sangat baik untuk menyehatkan sperma. Asam folat juga dapat mengurangi jumlah sperma abnormal sehingga meningkatkan peluang sperma masuk ke dalam sel telur.

  1. Tomat

Tomat menjadi sayuran yang sangat cocok bagi kesuburan pria karena tomat mengandung likopen yang merupakan antioksidan terkenal untuk memperbaiki struktur dan aktivitas sperma.

Baca:   Faktor Penyebab Badan Kurus Dan Tips Sehat Untuk Mengatasinya
  1. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran tinggi vitamin C dan memiliki sejumlah efek positif pada sperma. Seperti melindungi sperma dari kerusakan oksidatif, kemudian meningkatkan jumlah, pergerakan, dan kualitas sperma.

  1. Wortel

Wortel sumber sayuran yang kaya beta-karoten, mengandung antioksidan untuk menjaga kesehatan sperma dengan melindunginya dari radikal bebas. Serta membantu mobilitas sperma hingga bisa mencapai ke sel telur.

  1. Asparagus

Jenis sayuran ini memiliki kandungan asam folat tinggi dan vitamin C, membantu melindungi dari radikal bebas, dan meningkatkan jumlah sperma.

Makanan yang Mengandung Asam Folat

Asam folat untuk pria berperan untuk meningkatkan kualitas dan kesehatan sperma. Kekurangan asam folat pada pria akan mengakibatkan rendahnya jumlah dan kepadatan sperma. Berikut makanan yang sering kita temui akan sumber asam folat, yaitu:

  1. Buah-Buahan: jeruk, alpukat, pepaya, pisang, dan jambu.
  2. Kacang-kacangan: kacang polong, kacang hijau, kacang kedelai, dan kacang tanah.
  3. Produk olahan: roti, pasta, tepung jagung, dan sereal.
  4. Makanan: daging sapi, hati ayam, hati sapi, dan telur.

Makanan dan minuman yang jadi pantangan untuk kesuburan pria:

  1. Susu tinggi lemak
  2. Goreng-gorengan
  3. Kafein.
  4. Alkohol
  5. Daging olahan, seperti ham, sosis, hot dog, daging kornet, dendeng, daging kaleng, dan saus daging. (B)

Laporan: Sela
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan