Dikukuhkan, Pergatsi Sultra Genjot Pembinaan Pengurus

  • Bagikan
Ketua Umum Pergatsi Sultra, Eka Nugraha Abdi dan Sekum Pengurus Besar (PB) Pergatsi, Puja Somedi saat menandatangani berita acara pengukuhan. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)
Ketua Umum Pergatsi Sultra, Eka Nugraha Abdi dan Sekum Pengurus Besar (PB) Pergatsi, Puja Somedi saat menandatangani berita acara pengukuhan. (Foto: Muh Yusuf/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Setelah dikukuhkan, Selasa (18/12/2018) malam, Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) dituntut meningkatkan pembinaan atlet jelang pra-Pekan Olahraga Nasional dan PON. Sebab ada batasan usia di ajang tersebut, yakni 50 tahun. Kecenderungannya, atlet berprestasi sebelumnya, tidak bisa ikut di PON mendatang.

Ketua Umum Pergatsi Sultra, Eka Nugraha Abdi, menuturkan terdapat sejumlah atlet gateball Sultra berprestasi di tingkat nasional. Namun usianya melebihi batas ketentuan, sehingga beberapa atlet saja bisa berlaga. Namun Pergatsi masih optimis meraih prestasi di PON 2020.

“Tentunya kita akan menggenjot pembinaan atlet, utamanya yang ada di pengurus kabupaten/kota yang sudah terbentuk. Kami akan menguatkan pembinaan kepada pengurus kabupaten/kota serta menyediakan lapangannya,” ujar Eka Nugraha Abdi, Selasa (18/12/2018) malam.

Terkait target, pihaknya akan mempertahankan prestasi yang telah diraih sebelumnya. Kendati persaingan di pra-PON dan PON akan sangat ketat, karena gateball merupakan olahraga yang membutuhkan strategi dan akurasi. “Harapan kita prestasi makin meningkat untuk mengharumkan nama daerah,” lanjutnya.

Sekum Pengurus Besar (PB) Pergatsi, Puja Somedi juga berharap, ketua Pergatsi Sultra yang baru dikukuhkan menggerakan roda organisasi secara bijaksana. Artinya, semua bidang kepengurusan memiliki rasa tanggung jawab dan dedikasi untuk meningkatkan prestasi gateball.

“Dalam pengelolaan organisasi, kami berharap Pergatsi Sultra memperhatikan tri sukses, yakni sukses administrasi, presrasi, dan pertanggungjawaban,” jelasnya.

Baca:   Jokowi Bakal Melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra

Wakil Ketua III KONI Sultra, Elvis Basri Uno, menyampaikan jika KONI mengapresiasi langkah tersebut. “Kami berharap Pergatsi Sultra bisa tumbuh dan berkembang menjadi cabor unggulan Sultra ke depan,” terangnya.

Asisten III Pemprov Sultra, Suharno, mengatakan ke depan olahraga gateball akan tumbuh dan berkembang di masyarakat. Olehnya itu, pembinaan dan sarana prasarana pendukungnya menjadi perhatian pengurus Pergatsi Sultra.

“Kami berharap Pergatsi Sultra dapat menjalankan tugas dengan baik untuk kemajuan olahraga daerah,” ucapnya.

Laporan: Muh Yusuf
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan