Dilaunching, 20 Club Siap Berlaga di Tournament Sepak Bola Danlanud Cup IV

  • Bagikan
Lauching dan pembukaan open tournament sepakbola Danlanud Cup IV oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, ditandai dengan penyerahan piala bergilir pada Danlanud 143/HO, Jumat (13/3/2020) (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Lauching dan pembukaan open tournament sepakbola Danlanud Cup IV oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi, ditandai dengan penyerahan piala bergilir pada Danlanud 143/HO, Jumat (13/3/2020) (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 20 club sepakbola di Sulawesi Tenggara siap berlaga di open tournament sepakbola Danlanud Cup IV tahun 2020, ditandai dengan pelaunchingan secara resmi oleh Gubernur Sultra, di rumah jabatan gubernur, Jumat malam (13/3/2020).

Peluncuran open tournament ini juga ditandai dengan pembukaan Road to Turnamen Sepakbola Gubernur Championship Cup Tahun 2020.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, mengaku sangat mengapresiasi tournament sepakbola Danlanud Cup IV, mudah-mudahan bisa melahirkan bibit-bibit pesepak bola profesional dan andal di Sultra, maupun

“Kita berharap kegiatan tournament ini bisa berjalan lancara,” kata Ali Mazi.

Menurutnya, dengan berolahraga seperti sepakbola banyak manfaat yang bisa diperoleh baik utamanya dari aspek kesehatan fisik, dan kreatifitas pemuda dibidang olahraga.

“Kita berharap mudah-mudahan dalam setiap pergantian Danlanud, selalu ada kegiatan Danlanud Cup ini,” ucapnya.

Ali Mazi juga mengimbau kepada seluruh peserta tournament agar setiap pertandingan selalu menjunjung tinggi sportifitas, karena tujuan tournament ini bukan sekedar pencarian bibit-bibit potensial generasi pesepakbola di Sultra yang bisa berlaga ditingkat nasional hingga internasional juga menjadi wadah silaturahmi para pecinta sepakbola di Sultra.

“Untuk itu kepada peserta ukirlah prestasi dengan baik pada tournament ini,” pungkasnya.

Komandan Lanud Haluoleo, Kolonel Pnb Muzafar, mengatakan open tournament sepakbola ini merupakan kegiatan rutin di Lanud Haluoleo, yang bertujuan untuk mencari bibit-bibit baru pesepakbola unggul dengan harapan kedepannya bisa mengharumkan nama baik Sultra maupun indonesian secara umum.

“Disamping itu juga ajang ini sebagai ajang silaturahmi bagi pemerintah setempat, aparat, dan instansi terkait, karena sepakbola ini merupakan olahraga yang sangat merakyat,” ungkapnya.

Baca:   1.217.983 Penduduk Bekerja di Sultra, 33,36 Persen Buruh

Dia berharap momentum open tournament ini bisa semakin meningkat dan mengangkat prestasi olahraga lain di Sultra. Apalagi diawal tahun ini sudah banyak perlombaan dibidang olahraga yang sudah dan sedang dilakukan diantara open tournament tembak yang dilakukan oleh pihak Polda Sultra, tournament tenis lapangan Danrem Cup.

“Open tournament ini juga diselenggarakan dalam rangkaian hari ulang tahun Lanud Haluoleo yang ke- 74 tahun, yang akan dilaksanakan secara terpusat di Lalangan Lanud Halim Perdanakusuma,” pungkasnya.

Sebanyak 20 club sepakbola yang siap bertanding dalam tournament Danlanud Cup IV ini diantaranya; Angkasa A FC, Bola Gotong FC, UHO A FC, UHO B FC, kolaka Utara FC, Bank Sultra FC, Korem FC, Dua Laode United FC, Bandara Haluoleo FC, Ariando FC, Rektorat UHO FC, PSAM FC, DJ Sport FC, BNN FC, Lebah Merah FC, Antam FC, Tourchap FC, Cambayya FC, Anlap FC, dan Morowali FC.

Tim-tim sepakbola ini akan bertanding pada tanggal 15 sampai 29 Maret, di tiga lapangan utama yakni Lapangan Dirgantara Lanud Haluoleo, Lapangan Sepakbola Polda Sultra dan Lapangan Sepakbola Benu-benua Kendari.

Sistem pertandingan dilaksanakan dengan menggunakan sistem setengah kompetisi dibagi menjadi empat pool dan berlangsung dalam empat babak, terdiri dari babak penyisihan atau fase group, babak perempat final atau delapan besar, babak semifinal atau empat besar, dan babak final atau penentuan juara. Pada babak delapan besar sampai final menggunakan sistem gugur.

Baca:   Tahun Ini, BP Jamsostek Target 1.980 Peserta Baru

Tournament ini akan memperebutkan piala bergilir, piala tetap Lanud Haluoleo dan uang hadiah pembinaan puluhan juta rupiah. Juara I sebanyak 20 juta, juara II 12,5 juta, dan juara III sebanyak 10 juta. Pemain-pemain terbaik dan club juga akan mendapatkan hadiah, masing-masing senilai 1 juta rupiah.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan