Diminati 15 Figur di Pilwali Baubau, PDIP Prioritaskan Kader

  • Bagikan
Salah satu agenda penjaringan calon di DPD PDIP Sulawesi Tenggara. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 15 figur meminati PDIP untuk dijadikan kendaraan politik tampil di Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau. 14 nama diantaranya mendaftar sebagai calon wali kota dan satu lainnya mengajukan diri sebagai wakil wali kota.

Mereka yang mendaftar sebagai calon wali kota yakni AS Tamrin, Roslina Rahim, Waode Maasra, Yusran Fahim, Ibrahim Marsela, Yuman Nahmudin, Ridwan, Haryono, Waode Taslima, LM Arsal, Ahmad Monianse, Darlis Laruha, Ila Ladamai, dan Falah Ilahi. Sementara Yasin Mazadu mendaftar sebagai calon wakil wali kota.

Dikatakan Juru Bicara DPD PDIP Sulawesi Tenggara, Agus Sanaa, deretan nama tersebut sebelumnya telah mengikuti fit and propertest yang digelar partai besutan Megawati Soekarnoputri itu. “Dari yang ambil berkas 24 calon, yang resmi mendaftar dan ikut tes kemarin hanya 15 calon,” jelasnya kepada SultraKini.Com, Senin (4/9/2017).

Meski diminati banyak calon, ditegaskan Agus jika partainya tetap memprioritaskan kader untuk tampil di Pilwali Baubau yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang. “Namun prioritasnya juga dengan pertimbangan yang rasional. Kita juga tetap mengacu pada hasil survei,” terangnya.

Menurut Agus, jika hasil survei kader nantinya memiliki selisih di bawah lima persen dengan calon yang mempunyai survei tertinggi, kader tetap menjadi prioritas. “Kecuali selisihnya di atas itu baru kita cari alternatif calon lain,” jelasnya.

Dari 15 calon yang telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, ada nama Ketua DPC PDIP Baubau, Ahmad Monianse yang juga turut serta.

Baca:   Adik Terlambat Pulang, Kakak Main Parang

Agus mengaku saat ini pihaknya sedang dalam tahapan survei. Untuk rekomendasi baru akan dikeluarkan di bulan Oktober 2017 mendatang. 

PDIP hanya mempunyai satu kursi di DPRD Baubau. Perlu setidaknya empat kursi lagi untuk dapat mendaftarkan calon ke KPUD setempat.

Laporan: Didul Interisti

  • Bagikan