Dinas Pariwisata Kolaka Antisipasi Lonjakan Pengunjung Wisata Memasuki Nataru

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, Andi Zulkarnain. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Dinas Pariwisata Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara mulai mempersiapkan dampak lonjakan pengunjung wisata menghadapi libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2023. Khususnya kesiapan pelayanan objek wisata di daerah tersebut.

Jumlah kunjungan wisata di Kabupaten Kolaka diprediksikan ramai dan dipadati masyarakat. Hal ini dinilai perlu upaya akuntabilitas, baik dari pemerintah yang mengelola objek wisata maupun pengelolaannya sendiri dari pihak masyarakat.

loker wartawan sultrakini

“Diprediksikan akan ramai dan padat, harus dipersiapkan tempat parkir, gazebo, toilet umum, serta kebersihannya dijaga, tiketnya itu harus lengkap supaya masyarakat bisa tahu destinasi yang mereka kunjungi siap,” jelas Kepala Dinas Pariwisata Kolaka, Andi Zulkarnain, Kamis (8 Desember 2022).

Dia menambahkan, sejumlah objek wisata belum memiliki tiket, sehingga diimbauan kepada pihak pengelola untuk mempersiapkan hal tersebut agar pengunjung merasa aman dan nyaman selama berlibur, sebab penyedia wisata akan lebih bertanggung jawab dalam pelayanannya.

Untuk diketahui, objek wisata favorit di Kolaka banyak didatangi ketika Natal dan tahun baru, di antaranya Tamborasi, Pantai Kalomang, Pantai Malaha, Pantai Kayu Angin, Kea-kea.

“Kami selalu memonitor dengan teman-teman pengelola, tujuannya pengelola objek wisata itu berkolaborasi dengan pemerintah kecamatan setempat, desa, pihak keamanan baik polsek maupun Babinkantibmas, dan hampir semua tempat wisata itu akan ada pos keamanannya,” ucap Andi Zulkarnain.

Baca:   Puluhan Remaja Konawe Dilatih Jadi Pelopor Pencegah Tindak Kekerasan

Menyangkut edukasi destinasi pariwisata Kolaka, Dinas Pariwisata juga memberikannya melalui media sosial.

Andi Zulkarnain juga berharap wisata alam, budaya, ataupun wisata buatan bisa dinikmati masyarakat. Salah satu upayanya pihak pengelola juga mempersiapkan pelayanan yang maksimal, termasuk menerapkan tujuh sapta pesona, berupa ketertiban, keamanan, kesejukan, keindahan, kebersihan, keramahan, dan kenangan demi meningkatkan daya tarik pengunjung. (C)

Laporan: Andi Lanto
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan