Dinas Pariwisata Sultra Tingkatkan Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif Pelaku UMKM di Konsel

  • Bagikan
Para pelaku UMKM di Konsel mengikuti Workshop Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif Dispar Sultra. (Foto: Ali Rasid/SULTRAKINI.COM)
Para pelaku UMKM di Konsel mengikuti Workshop Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif Dispar Sultra. (Foto: Ali Rasid/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONSEL – Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kestabilan ekonomi daerah, serta pengembangan ekonomi kreatif di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Dinas Pariwisata (Dispar) terus mendorong pengembangan desain produk ekonomi kreatif di Sultra.

Salah satu upaya Dispar yaitu dengan menggelar Workshop Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif dengan melibatkan para pelaku UMKM di Konawe Selatan, yang digelar di Aula Islamic Center, Andoolo pada Kamis hingga Sabtu, 23-25 Juni 2022.

Ada 50 pelaku UMKM di Konsel turut berpartisipasi dalam kegiatan workshop tersebut, dengan berbagai latar belakang usaha yakni, kuliner, kriya, dan lain sebagainya.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dispar Sultra, Syamsinar membuka workshop pengembangan desain produk ekonomi kreatif di Konsel. (Foto: Ali Rasid/SULTRAKINI.COM)

Kepala Dinas Pariwisata Sultra melalui Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Syamsinar, pada pembukaan workshop mengatakan ekonomi kreatif layak menjadi gerbong pengembangan ekonomi daerah, di Sultra.

“Rangkaian kegiatan ini merupakan bagian dari mimpi Dinas Pariwisata untuk memajukan ekonomi kreatif yang berbasis daya saing dan inovatif,” ucapnya.

Tak tanggung-tanggung, pada workshop ini Dispar bekerjasama sama dengan Lulopedia.Tv menghadirkan sejumlah narasumber kompeten dibidang, yaitu perwakilan Market Place Shopee Indonesia, Indonesia Creative City Network (ICCN) dan Konten Kreator.

“Diharapkan dengan hadirnya para pemateri tersebut, peserta dapat mengembangkan produk yang dimiliki agar dapat menembus pasar retail modern dan market place,” kata Syamsinar.

Baca:   Cegah Karhutla, BPBD Kendari Rutin Lakukan Patroli
Para pelaku UMKM di Konsel pose bersama usai mengikuti Workshop Pengembangan Desain Produk Ekonomi Kreatif Dispar Sultra. (Foto: Ali Rasid/SULTRAKINI.COM)

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Konsel, Syarif, mengatakan salah satu kendala yang dihadapi para pelaku UMKM di wilayahnya adalah kemasan dan desain produk. Sedangkan dari sisi jenis dan kualitas, hasil karya para pengusaha di wilayah Konsel dianggap sudah cukup memadai.

“Kami sangat berharap workshop ini dapat memberikan bekal kepada peserta untuk meningkatkan kualitas produk mereka, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara langsung,” ujarnya. (B)

Laporan: Ali Rasyid
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan