Dinas Pertanian Mubar Bagikan 6.384 Kartu Tani

  • Bagikan
Kadis Pertanian dan Peternakan Muna Barat, Nestor Jono, memperlihatkan kartu tani. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)
Kadis Pertanian dan Peternakan Muna Barat, Nestor Jono, memperlihatkan kartu tani. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUBAR – Dinas Pertanian Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, di tahun 2021 ini sudah membagikan kartu tani kepada 6.384 petani.

Ditargetkan, akhir tahun ini, sebanyak 7 ribu petani yang belum menerima sudah bisa dapat kartu tersebut.

Kepala dinas Pertanian dan peternakan Muna Barat, Nestor Jono mengatakan, kartu tani berfungsi sebagai alat untuk membeli pupuk subsidi.

Tak hanya itu, kedepannya kartu tani juga akan menjadi alat penyaluran bantuan bagi petani. Kartu ini diberikan kepada petani tanaman pangan, holtikultura, dan perkebunan.

“Gunanya untuk membeli pupuk subsidi, ke depan bisa sebagai bantuan tunai dan bantuan lain karena fungsinya hampir sama dengan ATM,” ungkapnya saat ditemui disela-sela pembagian kartu tani, Rabu (25 Agustus 2021).

Kartu tani merupakan bentuk perlindungan pemerintah kepada petani melalui bantuan pupuk bersubsidi.

Syarat untuk mendapatkan kartu tani harus memiliki e-KTP, memiliki bukti kepemilikan atau garapan lahan pertanian maksimal 2 Ha permusim tanam, tergabung dalam kelompok tani, serta terdaftar dalam sistem Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Cara penggunaan kartu tani, petani dapat langsung mengunjungi kios pengecer pupuk bersubsidi resmi, gesek kartu pada mesin EDC, masukan PIN, pastikan kuota pupuk bersubsidi tersedia lalu tarik jatah pupuk bersubsidi. (C)

Baca:   Pupuk Bersubsidi Mahal, Petani di Muna Menjerit

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan