Dinas TPHP Konawe Bimbing Peningkatan Kapasitas Petani

  • Bagikan
H. Gunawan Samad. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Konawe bekerjasama dengan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Fachry Pahlevih Konggoasa, dan Dirjen Hortikultuta Kementerian Pertanian menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas petani dan pelaku usaha holtikultura kepada kelompok tani (Poktan), Jumat (18 November 2022).

Bimtek ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan produktivitas tanaman pangan petani khususnya di Kabupaten Konawe, melalui peningkatan wawasan dan pengetahuan para petani.

loker wartawan sultrakini

Pelatihan bagi para petani ini dilaksanakan berkat aspirasi dari Anggota DPR RI, Fachry Pahlevih Konggoasa, kerja sama Dirjen Hortikultuta Kementerian Pertanian.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura, dan Perkebunan (TPHP) Konawe, H. Gunawan Samad menyampaikan, bahwa pentingnya acara bimtek tersebut, sebagai salah satu upaya untuk memberikan pencerahan bagi para petani serta pelaku usaha hortikultura di Konawe dalam meningkatkan hasil produksinya.

Menurutnya, untuk menggenjot produktivitas tanaman pangan, hal yang utama dilakukan adalah meningkatkan terlebih dahulu pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM), utamanya para petani dan pelaku usaha holtikultura.

“Kita bersyukur SDA kita di Konawe cukup melimpah, sehingga harus dimanfaatkan oleh mereka dengan sebaik-baiknya, agar produktivitas tanaman pangan kita lebih meningkat lagi,” ungkapnya.

Mantan Kadis Perikanan itu berharap, dengan bimtek ini, sebagai wujud support dan dukungan terhadap para petani di Konawe untuk meningkatkan perekonomiannya pasca Covid-19.

Baca:   Dinas TPHP Konawe Dukung Budidaya Tanaman Sorgum

Terlebih lagi, dampak pengaruh perang yang terjadi di luar negeri ini juga akan berdampak signifikan pada krisis ketahanan pangan dan energi kedepanya.

“Melalui kegiatan aspirasi dari pak Fachry dan juga Kementan, kita upayakan akan terus mendorong pemberdayaan petani dan pelaku usaha agar lebih baik kedepanya,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan