Dinas TPHP Konawe Dukung Budidaya Tanaman Sorgum

  • Bagikan
Penanaman Sorgum perdana di Konawe. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinilai berpotensi sebagai tanaman yang serbaguna dan sumber kebutuhan pangan, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Konawe dukung pengembangan budidaya tanaman Sorgum di Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Terkait hal itu, Dinas TPHP bersama dengan Dinas Pertanian Provinsi Sultra telah melakukan penanaman perdana Sorgum seluas 3 hektar di Konawe pada Selasa, 17 November 2022.

loker wartawan sultrakini

Kepala Dinas TPHP Konawe, H. Gunawan Samad, mengatakan, tanaman Sorgum tidak hanya sebagai bahan pangan, namun miliki banyak manfaat, diantara bisa diolah sebagai bahan pakan ternak dan bahan baku industri atau bahan bakar.

Jika dilihat dari kandungan nutrisi, menurutnya tanaman Sorgum ini juga kaya kandungan protein dan berbagai macam vitamin, bahkan mineralnya lebih tinggi dari pada beras.

“Kemarin itu kegiatan dari pihak provinsi penanaman perdana tanaman sorgum di balai Wawotobi dengan luas 3 hektare,” jelasnya, Kamis (17 November 2022).

Olehnya itu, jika budidaya tersebut dapat berjalan baik, pihaknya juga berencana akan mengembangkan tanaman tersebut, mengingat ini merupakan sala satu program nasional untuk mengantisipasi krisis global.

“Jadi tugas kami sekarang mensosialisasikan tanaman ini kepada petani kita di Konawe,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
Baca:   Dinas TPHP Konawe Dukungan Penerapan Indeks Pertanaman 300 Petani
  • Bagikan