Dinkes Kendari: Imbau Antisipasi Penyakit DBD dan Diare Dimusim Hujan

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari mengimbau agar warga mewaspadai penyakit yang biasa muncul pada musim penghujan.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan, sejumlah penyakit yang berpotensi muncul pada saat musim hujan tinggi seperti sekarang ini. Selain demam berdarah dengeue (DBD), Diare dan inpeksi saluran pernapasan akut (ISPA) juga sangat berpotensi muncul dalam kondisi cuaca seperti sekarang ini.

“Ada sejumlah penyakit yang rawan muncul saat intensitas hujan tinggi seperti sekarang ini di antaranya DBD, diare, dan ISPA,” ujar drg. Rahminingrum kepada SultraKini.Com, Senin (25/6/2018)

Pihaknya, telah melakukan antisipasi dalam menghadapi kemungkinan munculnya berbagai jenis penyakit ini. Salah satunya dengan menyediakan stok obat-obatan.

“Tak hanya stok obat-obatan, antisipasi juga tentunya termasuk fasilitas medis lainnya sehingga petugas tidak akan merasa kerepotan melayani paisen,” katanya.

Masih menurut dia, tingginya intensitas curah hujan saat ini secara umum bisa menimbulkan berbagai penyakit baik yang menular maupun tidak.

Selain itu juga bisa dengan cepat menurunkan daya tahan tubuh manusia sehingga hal itu perlu diwaspadai.

“Semuanya harus kita antisipasi, jangan sampai terjadi kecolongan seperti halnya penyakit difteri atau gizi buruk. Oleh karena itu kami terus berbenah untuk mengantisipasi berbagai penyakit yang timbul dimusim hujan,”ujarnya

Baca:   Dinkes Kendari akan Dirikan Posko Kesehatan Mudik

Ia menambahkan, paramedis telah stand by untuk memberikan pelayanan gratis pada warga khususnya kepada mereka korban banjir.

Laporan: La Ismeid
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan