Dinkes Konawe Optimalkan Retribusi Sektor Kesehatan untuk PAD 2023

  • Bagikan
Dinas Kesehatan Konawe bersama DPRD membahas RAPBD anggaran tahun 2023. (Foto: Ist) 

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Guna memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Konawe, Dinas Kesehatan mulai memaksimalkan pemungutan retribusi di berbagai sektor kesehatan sebagai sumber pendapatan pada tahun 2023 mendatang.

Demi mewujudkan hal itu, dinas melakukan  kegiatan rapat konsultasi dan pembahasan Rancangan Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Konawe tahun anggaran 2023 bersama DPRD setempat yang melibatkan seluruh sektor terkait, Senin (14 November 2022).

loker wartawan sultrakini

Kepala Dinas Kesehatan Konawe, Mawar Taligana, menyebutkan alasan Dinas Kesehatan mulai menggenjot tarif retribusi PAD dikarenakan gedung Laboratorium kesehatan yang dibangun tersebut kini telah beroperasi.

Sehingga demikian, pihaknya dapat optimis di tahun 2023 mendatang pundi – pundi retribusi sudah dapat disumbungkan untuk PAD Konawe.

Alhamdulillah, gedung Laboratorium kesehatan kita ini sudah berjalan sesuai yang kita harapkan dan Perbup tarifnya juga sudah ada,” ungkapnya.

Mawar mengatakan, beberapa item yang bisa dijadikan sebagai sumber PAD dalam pengoperasian gedung Laboratorium kesehatan itu terdiri dari, pemeriksaan narkoba, golongan darah, serta pemeriksaan atau izin pembuatan depot air minum .

“Jadi kita estimasi pendapatannya bisa sekira Rp 80 juta,” jelasnya.

Ia berharap, agar pendapatan tersebut dapat terealisasikan dan berjalan optimal pada tahun depan, sehingga dapat membantu perkembangan pembangunan Kabupaten Konawe.

Baca:   Stok Beras di Bombana Aman Hingga Enam Bulan ke Depan

“Semoga  apa yang sudah direncanakan dan dicita-citakan ini dapat tercapai tahun 2023,” pungkasnya.

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan