Dinkes Wakatobi Hadirkan Pelayanan Kesehatan Dokter Spesialis Secara Gratis di Masyarakat

  • Bagikan
Pelayanan kesehatan dokter spesialis di Kecamatan Togo Binongko (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Pelayanan kesehatan dokter spesialis di Kecamatan Togo Binongko (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Pemerintah daerah Kabupaten Wakatobi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Wakatobi melakukan pelayanan kesehatan dokter spesialis dan pengobatan gratis di pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko atau yang lebih dikenal Wakatobi dua.

Pelayanan kesehatan ini sudah dilaksanakan sejak tanggal 19-20 Oktober 2020 di pulau Binongko, kemudian dilanjutkan kembali pada tanggal 21-22 Oktober 2020 dengan sasaran target masyarakat yang ada di pulau Tomia, dan di pulau Kaledupa pada tanggal 23-24 Oktober 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin mengatakan, pelayanan kesehatan dokter spesialis dan pengobatan secara gratis ini menjadi program Dinkes disetiap pulau dan dipusatkan disatu titik.

“Di pulau Binongko dipusatkan di Kecamatan Togo Binongko, di pulau Tomia di Tomia timur, dan pulau Kaledupa difokuskan di Kaledupa Selatan,” kata Muliaddin, Minggu (25/10/2020)

Ia mengungkapkan, hal ini dilakukan agar masyarakat Wakatobi secara keseluruan merasakan pelayanan dokter spesialis.

“Kami menghadirkan dokter spesialis penyakit dalam didukung oleh staf puskesmas yakni staf puskesmas Popalia, staf puskesmas Usuku dan staf puskesmas Sandi,” terangnya.

Muliaddin menjelaskan, pelayanan dokter spesialis merupakan agenda tahunan yang dilakukan pada setiap tahunnya.

Menurutnya, pelayanan dokter spesialis di tiga pulau mendapatkan antusias dari masyarakat. Tercatat disetiap kecamatan ada 100 orang pasien datang memeriksakan kesehatannya.

Baca:   Triwulan I 2019 Ekonomi Sultra Tumbuh 6,33 Persen

Salah seorang warga Kelurahan Tongano Barat, Kecamatan Tomia Timur, Wa Ati (46), menyampaikan terimakasih kepada Pemda Wakatobi karena telah melaksanakan pelayanan dokter spesialis dan pengobatan gratis kepada masyarakat.

“Kami sangat senang, karena pelayanan kesehatan dokter spesialis ini dilakukan setiap tahunnya. Ini sangat membantu kami,” ucapnya.

Ia pun meminta agar pelayanan kesehatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun terus menerus. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan