Direktur PDAM Muna Kembali Dilantik, Bupati Muna: Kinerjanya Baik, Sebelumnya Dari Sakit Menjadi Kurang Sehat

  • Bagikan
Bupati Muna LM Rusman Emba saat melantik direktur PDAM Muna Muhammad Nurhayat Fariki diaula kantor Bupati, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)
Bupati Muna LM Rusman Emba saat melantik direktur PDAM Muna Muhammad Nurhayat Fariki diaula kantor Bupati, (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Bupati Muna LM Rusman Emba melantik kembali Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Muna, Muhammad Nurhayat Fariki untuk periode ke duanya untuk masa jabatan periode tahun 2021-2026.

Direktur PDAM Muna diangkat kembali melalui Surat Keputusan Bupati Muna Nomor 247 tahun 2021 tentang pengangkatan direktur PDAM periode tahun 2021-2026. Kemudian ditindaklanjuti dengan penandatanganan pakta integritas dan pengangkatan sumpah janji jabatan yang dipimpin langsung Bupati Muna, LM Rusman Emba.

Pertimbangan Bupati Muna mengangkat kembali Direktur PDAM untuk periode kedua karena dianggap bekerja profesional, berdedikasi, serta memiliki loyalitas tinggi. Selain itu, Bupati Muna juga memiliki penilaian bahwa selama menjabat menjadi direktur pada periode pertama tahun 2017-2021, memiliki kinerja baik.

Bupati Muna juga mempertimbangkan, bahwa diperiode pertama direktur, laporan keuangan PDAM Muna mendapat opini penilaian wajar oleh Kantor Akuntan Publik dari tahun 2017-2020.

Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan, pengangkatan ini membutuhkan pengkajian yang cukup panjang dan mengacu pada Permendagri dan rekomendasi dari BPK.

“Salah satu indikator, kenapa kita lanjutkan atau pengangkatan kembali direktur yang lama karena kemarin itu PDAM Muna dalam tahap sakit. Alhamdulillah tahun ini menjadi kurang sehat. Setelah kami konsultasi di tingkat ptrovinsi Sulawesi Tenggara, cuman dua yang kurang sehat, 15 Kabupaten/Kota yang lainya sedang sakit. Ini adalah prestasi,” kata Rusman dalam menyampaikan sambutannya usai melantik Direktur PDAM Muna, Senin (31/5/2021).

Baca:   Pelantikan Tiga Bupati Diamankan 558 Polisi

Dia juga mengucapkan selamat kepada direktur PDAM Muna atas terpilih kembali menjabat sebagai direktur pada periode kedua.

“Saya ucapkan selamat, atas terpilih kembali. Bahwa amanah yang diberikan ini memiliki tanggungjawab yang besar,” ucap orang nomor satu di Bumi Sowite itu.

Dia menyampaikan, bahwa ia sudah menandatangani pakta integritas, bahwa perusahaan ini memiliki sistem. Ia berharap, hasil akhir pengelolaan perusahaan, pastinya mendapat keuntungan.

“Bukan hanya sekedar pelayanan akan tetapi juga menguntungkan. Seluruh kebijakan yang keluar, bagaimana bisa menguntungkan perusahaan dan berkontribusi terhadap pendapatan daerah serta ada nilai kemanusiaan sehingga suasannya tidak gaduh dan menjadi isu tidak bagus,” ungkapnya.

Bupati Muna juga memberikan tugas kepada direktur PDAM, agar menata dan memperbaiki kawasan jompi sebagai sumber mata air perusahaan.

“Masalah jompi juga akan menjadi tugas dari direktur PDAM untuk menata kawasannya,” tegasnya. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan