Disdukcapil Konawe Layani Permohonan Ganti Foto KTP-el, Ternyata Mudah

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Kompas.com/Akbar Bhayu Tamtomo)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Warga Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara kian dimudahkan dalam urusan administrasi kependudukan. Pemilik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di wilayah kepemimpinan Kery Saiful Konggoasa ini dapat mengganti tampilan foto KTP yang dulunya terkelupas atau buram menjadi foto sesuai yang dikehendaki.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konawe mulai melayani penggantian foto KTP-el warga setempat. Warga pun ramai datang mengurus data kependudukannya itu. Kaum perempuan terpantau yang paling banyak mendatangi Kantor Disdukcapil.

“Di KTP lamanya mereka itu belum berjilbab jadi mereka mau ganti dengan foto terbaru yang ada jilbabnya. Pelayanan ini kita buka semenjak ada instruksi dari pusat,” jelas Kepala Disdukcapil Konawe, Dema Banda, Selasa (22/6/2021).

Dema Banda mengaku, ketersediaan blangko KTP-el juga masih mencukupi untuk pelayanan penggantian foto KTP warga. Tinggal warga memenuhi syarat administrasinya saja, berupa membawa fotokopi kartu keluarga dan melampirkan KTP-el yang hendak diganti itu. Warga juga tidak boleh diwakilkan selama pengurusan tersebut.

“Syaratnya hanya KTP-el lama dan kartu keluarga, tidak perlu pengantar RT/RW lagi. Kalau syaratnya terpenuhi tentu kita layani,” ucapnya.

Sementara itu, bagi warga yang ingin mengganti tanda tangan pada KTP-el, lanjutnya, perlu juga berkonsultasi ke pihak bank.

Baca:   Forum Anak di Konawe Mengindentifikasi Kebijakan Daerah Terkait Perlindungan Anak

“Terkadang tanda tangan di bank sama dengan di KTP untuk itu biar tidak ada kendala disarankan konsultasi ke bank, biar nantinya tidak ada masalah ketika tanda tangan mau diganti,” tambahnya.

Pelayanan penggantian foto KTP-el sudah dirasakan oleh Agus. Warga Konawe ini mengantarkan istri ke Kantor Disdukcapil ketika mengetahui informasi tersebut. Ia juga tidak memiliki kendala selama pelayanan maupun persyaratannya.

“Saya temani istri saya langsung ke Kantor Dukcapil karena foto KTP-nya mau diganti memakai jilbab dan bisa terganti. Pelayanannya cepat dan syaratnya juga mudah,” singkatnya. (B)

Laporan: Andi Nur Aris. S
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan