Diskusi Publik Cerdas Pemilu, Caleg Watopute Tak Antusias

  • Bagikan
Peserta diskusi publik cerdas pemilu saat deklarasikan pemilu damai. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM).
Peserta diskusi publik cerdas pemilu saat deklarasikan pemilu damai. (Foto: Arto Rasyid/SULTRAKINI.COM).

SULTRAKINI.COM: MUNA – Minimnya kehadiran calon legislatif (Caleg) asal Kecematan Watopute, Kabupaten Muna dalam kegiatan Diskusi Publik Cerdas Pemilu pada Sabtu (9/2/2019), membuat panitia pelaksana dari Pemuda Milenial Watopute (PMW) serta masyarakat setempat kecewa.

Pasalnya, kegiatan yang mengusung tema “Bersama Rakyat Cerdas Memilih Lahirkan Wakil Rakyat yang Berkomitmen untuk Pembangunan Kecamatan Watopute”, hanya diikuti tujuh dari 24 caleg.

“Yang datang enam caleg, ditambah satunya dari DPRD Provinsi dan itu menimbulkan kekecewaan dari kami. Bagaimana caranya mau wakili rakyat sedangkan untuk tampil di ruang diskusi publik saja mereka tidak mau berpartisipasi,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, La Ode Ahlun Wahid saat ditemui SultraKinicom.

Ahlun mengatakan sebelumnya pihaknya telah berkoordinasi hingga menemui setiap caleg secara personal untuk menghadiri acara tersebu, namun ada saja alasan dari mereka untuk tidak menghadiri.

“Sebenarnya tujuan kegiatan ini untuk menciptakan pemilih yang mampu menilai kualitas figur yang dipilih, bukan lagi berdasarkan siapa dan keluarganya siapa. Harapannya dari pemilih cerdas lahirkan wakil rakyat yang cerdas,” ungkap Wahid.

Senada dengan itu, Camat Watopute, Ali Fakara Hara, turut menyayangkan kurangnya partisipasi dari para caleg. Munurutnya kegiatan tersebut selain ciptakan pemilih cerdas juga sekaligus menjadi ajang silaturami antara caleg dan masyarakat di wilayahnya.

Baca:   KPUD Konawe Nyatakan 15 Parpol Memenuhi Syarat, Minus PPP

“Itu yang kita sesalkan seharusnya bisa hadir semua. Secara politik kegiatan ini untungkan mereka karena ajang sosialisasi gratis, tapi terserah masyarakat yang menilai. Dan saya berharap kegiatan surapa bisa dilaksanakan lagi di desa lain,” tutupnya.

Pantuan SultraKini.Com, kegiatan Diskusi Publik Cerdas Pemilu yang berlangsung di Balai Desa Bangkali, turut dihadiri Kapolsek Watopute, IPDA Fajar Hidayat beserta jajaran, para tokoh masyarakat, Panwascam Watopute dan masyarakat.

Kegiatanpun dirangkaikan dengan deklarasi pemilu damai tolak berita hoax, kampanye hitam dan politik uang dengan membubuhi tanda tangan. Kemudian dilanjutkan pemaparan visi misi caleg.

Laporan: Arto Rasyid
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan