Disnakeswan Genjot SDM Petani Tingkatkan Produksi Ternak

  • Bagikan
Kantor Disnakeswan Konawe. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Guna menggenjot populasi hewan ternak di Konawe, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe mendorong peningkatan pengetahuan atau sumber daya para petani agar meningkatkan hasil peternakan.

Kepala Disnakeswan Konawe, Jumrin, mengungkapkan, dari beberapa program yang telah dilakukan pihaknya seperti pemberian bantuan pakan ternak tentunya tidak akan berhasil jika masih kurangnya pengetahuan yang tinggi dari para petani untuk beternak.

loker wartawan sultrakini

“Selain program bantuan bibit pakan hijau ternak, dan pemeriksaan kesehatan hewan, kita juga adakan program peningkatan sumber daya manusianya,” ungkapnya, Sabtu (26 November 2022).

Jumrin menjelaskan, peningkatan SDM dipandang perlu dikarenakan jangan sampai hanya beberapa petani saja yang mau. Olehnya itu, pihaknya akan berupaya mendukung serta memotivasi mereka agar punya keinginan untuk berternak.

Terlebih lagi, dari segi pakan ternak, menurutnya di Konawe ini terlebilang cukup menjanjikan, pasalnya dari limbah pertanian seperti jerami bisa digunakan untuk makan ternak.

“Sama halnya juga dengan limbah kelapa sawit , makanya kita sekarang lagi cari limbah kelapa sawit yang bisa dijadikan pakan ternak, terus kita ajak para petani kita agar mereka lihat langsung,” imbuhnya.

Sehingga demikian, ia menyampaikan agar para petani kita harus memiliki wawasan dan motivasi yang tinggi dalam hal mengembangkan hewan ternaknya serta memanfaatkan SDA disekitarnya.

Baca:   Kebersamaan TNI dan Rakyat Kian Terjalin di TMMD Busel

“Kendatipun dilahan sempit tapi masih bisa beternak, sehingga diperlukan Inovisi dan motivasi dari mereka, dan ini yang kita sampaikan kepada mereka,” tandasnya

Laporan: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan