Dispora Baubau Seleksi 64 Siswa Calon Anggota Paskibraka 2022 Tingkat Kota Baubau

  • Bagikan
Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Abdul Rahman (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Abdul Rahman (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sebanyak 64 siswa perwakilan dari SMA/SMK/MA/sederajat se- Kota Baubau mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk tingkat Kota Baubau di Gedung Wa Ode Wau, Kota Baubau, Rabu (16 Maret 2022). 

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Baubau, Abdul Rahman, mengatakan proses seleksi anggota Paskibraka tahun 2022 tingkat Kota Baubau ini untuk menyeleksi dua paskibra untuk lanjut pada seleksi Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2022 untuk mempersiapkan  momentum upacara kemerdekaan RI ke- 76 pada 17 Agustus tahun 2022.

Seleksi akan dilakukan selama 4 hari sejak tanggal 16 sampai 19 Maret 2022. Beberapa tahapan penilaian akan dilalui oleh seluruh peserta Paskibraka diantaranya ketentuan tinggi badan pria minimal 170 cm dan perempuan 165 cm, dengan catatan tinggi badan dan berat yang proporsional, mengikuti tes wawancara, tes psikologi/mental, kedisiplinan, dan attitude atau tingkah laku.

“Dalam melakukan seleksi anggota Paskibraka ini Dispora Baubau melibatkan Anggota TNI dari Kodim 1413/Buton dan Polres Baubau, Angkatan laut, Alumni Paskibraka dan dari Dispora Baubau sendiri,” ungkapnya.

Abdul Rahman menyampaikan, agar pada setiap tahapan seleksi, pelatih dapat benar-benar selektif memilih yang terbaik dengan memberikan pelatihan sebaik-sebaiknya. Dalam pemberian pelatihan yang terbaik Dispora bekerjasama dengan beberapa instansi untuk menjadi panitia seleksi.

“Yang melakukan tes ada dari Polisi, TNI dari Kodim, kemudian dari Dispora sendiri, dan alumni paskibraka sendiri,” kata Abdul Rahman

Baca:   Kiat Pemda Konawe Mempertahankan Ekonomi Ditengah Pandemi Covid-19

Dia berharap anggota paskibraka Kota Baubau dapat mencapai tahapan seperti tahun 2021 lalu, dimana salah satu paskibra asal Kota Baubau berhasil mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara ke tingkat nasional.

“Kepada panitia, tim seleksi benar-benar menyeleksi peserta sehingga bisa menghasilkan anggota Paskibraka baik di Kota Baubau maupun ditingkat nasional,” tutupnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan