DKP Wakatobi Siapkan Bantuan Coolbox dan Jaring Keramba pada Ratusan Nelayan

  • Bagikan
Pelaksana Kepala DKP Kabupaten Wakatobi, Mulyanto. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)
Pelaksana Kepala DKP Kabupaten Wakatobi, Mulyanto. (Foto: Amran Mustar Ode/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi akan menyalurkan bantuan Coolbox ikan dan jaring keramba kepada ratusan nelayan diwilayah setempat.

Pelaksana Kepala DKP Kabupaten Wakatobi, Mulyanto mengatakan, penyaluran bantuan tersebut bagian dari wujud program Bupati Wakatobi Haliana – Ilmiati Daud disektor kelautan dan perikanan.

“Ini untuk menunjang visi misi pak Bupati terkait kelautan dan perikanan terutama bidang pemperdayaan dan pembudidayaan hasil-hasil perikanan,” kata Mulyanto, Selasa (21/9/2021).

Mulyono mengungkapkan, bantuan Coolbox ukuran 100 liter ini diutamakan untuk nelayan tangkap yang tersebar di pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. 

Pendanaan Coolbox ini berasal dari dana alokasi khusus (DAK) dan dana alokasi umum (DAU) Dinas Kelautan dan Perikanan Wakatobi.

“Ada 99 buah Coolbox yang akan di bagikan kepada 20 kelompok nelayan. Dimana dalam satu kelompok terdiri dari lima orang,” ungkapnya.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Sementara, bantuan jaring keramba yang berasal dari DAU ini, akan diberikan kepada 10 nelayan budidaya yang berada di pulau Wangi-wangi hingga pulau Binongko.

“Total jaring keramba ini ada sekitar 1 ton, dimana akan diberikan sebanyak 50 kilo perkelompok,” paparnya

Penyaluran dua jenis bantuan ini diperkirakan akan di bagikan pada Oktober 2021.

Baca:   DKP Wakatobi Diberi DAK Rp9 Miliar oleh Pemerintah Pusat

Ia berharap, para nelayan yang mendapatkan bantuan ini dapat menjaga dan merawat bantuan tersebut dengan baik, agar dapat meningkatkan penghasilannya.

“Kita harapkan juga, kedepan mereka bisa mandiri, agar kedepan orang lain lagi yang kita berikan bantuan.” harapnya. (C)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Hasrul Tamri
n

  • Bagikan