DLH Konawe Bakal Tanam Pohon Ketapang Kencana di Ruas Jalan Ibu Kota

  • Bagikan
Pohon di ruas jalan perkotaan Unaaha, Kabupaten Konawe. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dalam waktu dekat akan mengganti pohon lindung di sepanjang jalan perkotaan Unaaha dengan pohon Ketapang Kencana.

Kepala DLH Konawe, Herianto Wahab, mengatakan melihat kondisi pohon pelindung yang tumbuh di pinggir jalan perkotaan Unaaha saat ini sudah sangat mengkhawatirkan untuk para pengguna jalan dikarenakan sewaktu-waktu pohon itu dapat tumbang ketika menghadapi cuaca ekstrem.

Selain itu, usia pohon tersebut terbilang cukup tua serta ranting pohonnya juga mudah rontok dan sering berjatuhan di jalan apabila angin kencang. Ditambah lagi akar pohon bisa merusak drainase.

“Memang ini pohon tidak bisa kita pertahankan karena membahayakan masyarakat, makanya akan kita ganti dengan Ketapang Kencana,” jelasnya, Kamis (10 Maret 2022).

Penanam pohon Ketapang Kencana ini juga merupakan program pada 2022 dari DLH untuk Ruang Terbuka Hijau sementara anggarannya bersumber dari APBD.

Sementara lokasi penanamannya akan dimulai dari wilayah Ranomeeto hingga di perbatasan Ameroro yang merupakan jalan utama perkotaan Unaaha.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan, program ini bisa kita laksanakan secara,” ucapnya.

Di samping menunggu program tersebut terlaksana, pihaknya juga sering mengecek kondisi-kondisi pohon yang disinyalir menimbulkan bahaya bagi pengguna jalan atau rawan tumbang.

Baca:   SIM Anda Mati di Hari Libur, Polri Beri Waktu Perpanjangan Hingga Tanggal Ini

“Kita upayakan menebang pohon jika memang kondisinya sangat fatal atau kita pangkas rantingnya agar tidak terlalu rimbun,” tambah Herianto.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan