DLHK Kendari Geram, Penjual di Kawasan MTQ Hamburkan Sampah

  • Bagikan
Tumpukan sampah yang ada di sekitar kawasan Tugu Religi MTQ Kendari. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sejumlah titik kawasan Tugu Religi Sultra dikotori oleh tumpukkan sampah. Menurut Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari, bak penampungan sampah bahkan kurang difungsikan padahal tersedia di dua tempat di kawasan itu.

“Cuman masalahnya sekarang penjual-penjual yang menjual di tugu MTQ itu membuang sembarangan, jadi ada tumpukan-tumpukan, padahal kami sebenarnya sudah taruh kontainer sampah tapi itu tetap kosong,” ucap Pelaksana Tugas Kepala DLHK Kota Kendari, Moh Nur Rasak, Jumat (23/3/2018).

Himbauan untuk membuang sampah pada tempatnya pun telah dilakukan pihaknya. Namun sampah tetap berserakan di kawasan MTQ, utamanya di bawah pohon. Akibatnya, petugas kebersihan kesulitan mengangkut sampah.

“Tapi kenyataannya yang ada kontainer itu tetap kosong, sepanjang pinggir itu tersebar sampah, banyaknya itu sampah yang ada kalau kita harus mengikuti itu sampah sementara pekerjaan yang lain mengangkat sampah masih banyak,” lanjutya.

Menurutnya dalam mengangkat sampah, petugas kebersihan DLHK hanya mengangkat yang berada di dalam bak sampah. Dia berharap, para pendagang maupun pengunjung kawasan MTQ bisa membuang sampah pada tempatnya.

“Buanglah di kontener atau bak sampah, jangan buang sembarangan, kami maunya bersih, Kalau sudah dibuang di TPS (tempat pembuangan sampah) kita pasti angkut,” ucapnya.

Baca:   Yuk.. Berburu Sayur dan Buah Segar di Pasar Tani Kendari

 

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan